Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bungo.

Tranitasari, Wiranti (2022) Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bungo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_WIRANTI_TRANITASARI_18053146_7985_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan bentuk Quasi Eksperimen (eksperimen semu) menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran terhadap motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa SMA Negeri 3 Bungo. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu Media video pembelajaran sebagai variabel bebas (X1), sebagai variabel terikat Motivasi (Y1), dan Hasil Belajar Siswa (Y2). Desain penelitian ini menggunakan the nonequivalent control group design dengan Pre-test dan Post-Tes.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket motivasi dan tes. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambil sampel purposive sampling dengan jumlah sampel 67 siswa yaitu kelas XI IPS 2 sebanyak 34 orang siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 sebanyak 33 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Data yang diperoleh di analisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dimana semua analisis diolah menggunakan SPSS versi 25 dengan alpha 0,05. Hasil penelitian berdasarkan uji paired sample t-test motivasi diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000/0,005 < 0,05 maka H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah baik pada kelas ekseprimen ataupun kelas kontrol. Kemudian hasil uji independent sample test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,005 < 0,05 maka H0 ditolak, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sementara itu hasil belajar menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah baik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk uji mann whitney diperoleh sebesar Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan demikian penggunaan media video pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bungo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHayati, Annur FitriUNSPECIFIED
CorrectorSyofyan, RitaUNSPECIFIED
CorrectorSofia, NitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA VIDEO-BELAJAR EKONOMI
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:49
Last Modified: 02 Mar 2023 08:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42588

Actions (login required)

View Item View Item