Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing (guided inquiry) Terintegrasi Al-Quran untuk Kelas XI Madrasah Aliyah

Habiba, Haura (2022) Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing (guided inquiry) Terintegrasi Al-Quran untuk Kelas XI Madrasah Aliyah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_7_HAURA_HABIBA_18035063_5504_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

E-modul merupakan bahan ajar mandiri dalam format elektronik yang disusun sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Berdasarkan pada kurikulum 2013, siswa dituntut untuk mandiri dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran K-13 yang membantu siswa mandiri dalam proses pembelajaran adalah model inkuiri terbimbing. e-modul yang disusun diintegrasikan dengan Al-Quran sesuai dengan tuntutan kurikulum Madrasah dan Perda Sumbar No.2 Tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul kesetimbangan kimia berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Quran dan menentukan tingkat validitas dan praktikalitas dari e-modul tersebut.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian EDR dengan menggunakan model pengembangan plomp. Model pengembangan Plomp terdiri dari 3 tahap yaitu 1) penelitian awal, 2) pembentukan prototipe, dan 3) penilaian. Penelitian ini dibatasi sampai pembentukan prototipe. Subjek penelitian ini adalah Dosen Kimia UNP, Dosen FT UNP, Guru sertaS iswa MAN 2 Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi (validasi konten dan media) dan angket praktikalitas. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan formula aiken v untuk ujivaliditas dan teknik presentase praktikalitas untuk ujipraktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian, telah dihasilkan e-modul kesetimbangan kimia berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Quran untukKelas XI MA. e-modul yang yang dihasilkan memiliki indeks Vsebesar 0,88 dengan kategori valid untuk validasi kontendan 0,91 dengan kategori valid untuk validasi media. Sedangkan untuk kepraktisan e-modul berdasarkan respon guru diperoleh nilai sebesar 88% dengan kategori sangat praktis dan berdasarkan respon siswa diperoleh nilai sebesar 90% dengan kategori sangat praktis. Data tersebut menunjukkan bahwa e-modul yang dihasilkan valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorEffendi, EffendiUNSPECIFIED
CorrectorSuryelita, SuryelitaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:49
Last Modified: 02 Mar 2023 08:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42586

Actions (login required)

View Item View Item