Efektivitas E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing dilengkapi Video Praktikum pada Materi Kesetimbangan Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa

Safarina, Elda (2022) Efektivitas E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing dilengkapi Video Praktikum pada Materi Kesetimbangan Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_7_ELDA_SAFARINA_17035134_5445_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari pengembangan e-modul kesetimbangan kimia berbasis inkuiri terbimbing yang telah diuji validitas dan praktikalitas, namun belum diuji efektivitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan e-modul kesetimbangan kimia berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi video praktikum terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Payung Sekaki.Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi terdiri dari siswa kelas XI IPA SMA N 1 Payung Sekaki tahun ajaran 2021/2022 dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Menurut Sugiyono (2013), purposive sampling adalah teknik sampling dengan melakukan pertimbangan tertentu. Pada penelitian ini, pengambilan sampel dibantu oleh guru bidang studi kimia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes dalam bentuk pilihan berganda dengan validitas, reliabilitas, indeks kesukaran soal dan daya pembeda soal memiliki kriteria baik.Tingkat efektivitas e-modul berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi video praktikum diketahui melalui uji N-Gain. Hasil analisis N-Gain kelas sampel diperoleh yakni nilai g = 0,577 dengan kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-modul berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi video praktikum pada materi kesetimbangan kimia efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Payung Sekaki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndromedia, AndromediaUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:48
Last Modified: 02 Mar 2023 08:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42585

Actions (login required)

View Item View Item