Efektivitas Permainan Chemistry Scrabble (Chemscrabb) Sebagai Media Pembelajaran Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMA.

Putri, Annisa Khairani (2022) Efektivitas Permainan Chemistry Scrabble (Chemscrabb) Sebagai Media Pembelajaran Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_7_ANNISA_KHAIRANI_PUTRI_18035122_5608_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ialah Menentukan Efektivitas dari Permainan Chemistry Scrabble (Chemscrabb) sebagai Media Pembelajaran Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMA. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Pengembangan dengan desain yaitu Within Class Posttest Only Design yang didasarkan kepada teknik Thiagarajan. Penelitian dilakukan di SMAN 10 Padang. Teknik pengambilan sampel yaitu Random Cluster Sampling dengan sampel yaitu peserta didik kelas 10 MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas 10 MIPA 4 sebagai kelas kontrol.Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa Chemistry Scrabble (Chemscrabb) pada proses pemantapan konsep, sedangkan pada kelas kontrol tidak diberikan perlakuan, hanya menggunakan media pembelajaran berupa LKS pada proses pemantapan konsep. Post test yang akan digunakan telah dilakukan analisis validitas, reliabilitas, indeks kesukaran soal, dan daya pembeda soal, sebelum dilakukan uji kepada peserta didik (sampel). Diperoleh hasil yang memuaskan dan valid dari data uji coba soal post test sebagai instrument. Teknik analisis data yaitu Uji Hipotesis dengan menggunakan Uji Independent T test, karena data yang diperoleh berdistribusi normal dan variansi data bersifat homogen. Berdasarkan hasil dari uji Hipotesis Independent T test yaitu didapatkan nilai thitung sebesar 1,8332, dimana hasil uji hipotesis berada pada kurva two tailed yang berarti terima H0 (tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelas sampel). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian adalah dengan adanya media pembelajaran berupa permainan Chemscrabb, keaktifan dan semangat peserta didik dalam melakukan latihan pada proses pemantapan konsep lebih tinggi daripada kelas kontrol. Namun, penggunaan permainan Chemistry Scrabble (Chemscrabb) sebagai media pembelajaran pada materi Hukum-Hukum Dasar Kimia kelas X MIPA di SMAN 10 Padang tidak efektif secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Oleh sebab itu, perlu dilakukan kembali uji praktikalitas dan efektivitas hingga didapatkan hasil yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAzra, FajriahUNSPECIFIED
CorrectorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
CorrectorQurrata'Aini, Qurrata'AiniUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:48
Last Modified: 02 Mar 2023 08:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42583

Actions (login required)

View Item View Item