Pengaruh Literasi Media Digital dan Student Engagement terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Masa Pandemi Kelas X IPS di MAN 2 Kota Padang

Khairunnisa, Vina (2022) Pengaruh Literasi Media Digital dan Student Engagement terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Masa Pandemi Kelas X IPS di MAN 2 Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_VINA_KHAIRUNNISA_18053142_7656_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Literasi Media Digital Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Masa Pandemi Kelas X IPS di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Padang, Pengaruh Student Engagement Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Masa Pandemi Kelas X IPS di MAN 2 Kota Padang dan Pengaruh Literasi Media dan Student Engagement Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Masa Pandemi Kelas X IPS di MAN 2 Kota Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS di MAN 2 Kota Padang sebanyak 174 siswa. Sampel dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan rumus Slovin, sedangkan Teknik dengan pengambilan sampel dilakukan secara Random Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 121 orang. Untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis data melalui uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, uji F dan uji t dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) literasi media digital tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (2) student engagement berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (3) literasi media digital dan student engagement berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Berdasarkan penelitian ini, disarankan kepada siswa agar meningkatkan literasi media digital untuk menambah wawasan ilmu pengetahuannya dan meningkatkan student engagement seperti belajar secara teratur, konsentrasi dalam belajar, kontribusi di kelas maupun sekolah serta mengerjakan tugas tepat waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSofya, RaniUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, ElviUNSPECIFIED
CorrectorRitonga, MentariUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:48
Last Modified: 02 Mar 2023 08:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42582

Actions (login required)

View Item View Item