Pengembangan E-Book Fisika Terintegrasi Materi Mitigasi Bencana Abrasi Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik

Azmanita, Yuni (2022) Pengembangan E-Book Fisika Terintegrasi Materi Mitigasi Bencana Abrasi Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_5_YUNI_AZMANITA_18175058_6554_2022.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pengembangane-book Fisika terintegrasi materimitigasi bencana abrasi berbasis Problem Based Learning berbantuan Google Classroom untuk meningkatkan kompetensi peserta didik penting dilakukan untuk mengatasi permasalahan abrasi di Indonesia. Ini merupakan salah satu strategi untuk memberikan pemahaman bencana Upaya mengintegrasikan tema bencana abrasi padam aterifisika dapat dilakukan melalui bahan ajar. Bahan ajar ini dipadukan dengan Problem Based Learning. Bahan ajar yang sesuai dengan era 4.0 adalah e-book. Karakteristik E-book sesuai dengan pembelajaran virtual pada Google Classroom Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-book Fisika teintegrasi materi mitigasi bencana abrasi berbasis Problem Based Learning dengan kategori valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development.Pengembangan e-book menggunakan model Plomp. Model ini terdiri atas preliminary research phase, development or protyping phase, dan assessment phase. Data penelitian ialah data analisis kebutuhan, validitas, praktikalitas, dan efektivitas.Instrumen penilaian ialah angket pendahuluan, validasi, praktikalitas, penilaiandiri, dan unjuk kerja, serta tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis preliminary research, validitas, praktikalitas, danefektivitas. Hasil penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa pencapaian indicator kegiatan pembelajaran berada pada kategori cukup, karakteristik peserta didik pada kategori cukup, penggunaan media cukup, dan materi yang sesuai dengan mitigasiabrasi adalah KD 3.9 dan 3.10 kelas 10, dengan kesesuaian sangat sesuai. E-book Fisika terintegrasi materi mitigasi bencana abrasi berbasis Problem Based Learning mempunyai kriteria valid. Hasil praktikalitas dari guru adalah praktis dan dari peserta didik adalah praktis .E-book juga efektif meningkat kan kompetensi sikap dan keterampilan serta pengetahuan. Kriteria N gain yang diperoleh adalah tinggi. Kesimpulan penelitian adalah e-book Fisika terintegrasi materi mitigasi bencana abrasi berbasis Problem Based Learning mempunyai kategori valid, praktif dan efektif untuk meningkatkan kompetensi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorRamli, RamliUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:47
Last Modified: 02 Mar 2023 08:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42578

Actions (login required)

View Item View Item