Meta Analisis Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Fisika SMA

Aminah, Siti (2022) Meta Analisis Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Fisika SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_5_SITI_AMINAH_17033040_5595_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara. Berbagai upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan memilih model pembelajaran yang tepat. Model project based learning (pjbl) sangat banyak digunakan karena memiliki potensi yang besar untuk memberikan pengalaman belajar bagi peserta didik dengan lebih menarik dan bermakna untuk dipelajari dibandingkan model pembelajaran yang lain. Kondisi nyata pertama yang ditemukan peneliti yaitu model pembelajaran yang digunakan di sekolah masih belum optimal. Kondisi nyata kedua yang ditemukan peneliti yaitu hasil belajar peserta didik dan keterampilan proses sains peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model project based learning (pjbl) terhadap hasil belajar fisika SMA berdasarkan hasil belajar siswa, tingkatan kelas, serta unit materi pelajaran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian meta analisis. Penelitian Meta analisis merupakan metode penelitian kuantitatif dengan cara mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data secara sistematis untuk menerima atau menolak hipotesis yang diajukan dalam penelitian tersebut. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian meta analisis yaitu teknik analisis effect size. Hasil perhitungan effect size ini akan diinterpretasikan untuk menjawab hipotesis terhadap kesenjangan hasil penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian yang diperoleh mengungkapkan bahwa penerapan model project based learning (pjbl) efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan dan keterampilan. Penerapan project based learning (pjbl) ini juga berpengaruh efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan dan keterampilan. Terakhir, Penerapan model project based learning (pjbl) ini juga berpengaruh efektif pada pada unit materi alat-alat optik, gerak harmonik sederhana, fluida statis, fluida dinamis, hukum newton, impuls dan momentum, gerak lurus, kalor, dan usaha dan energi. Tetapi, penerapan model project based learning (pjbl) ini tidak berpengaruh efektif pada unit materi listrik dinamis, elastisitas dan hukum keppler.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFestiyed, FestiyedUNSPECIFIED
CorrectorAsrisal, AsrisalUNSPECIFIED
CorrectorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:47
Last Modified: 02 Mar 2023 08:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42577

Actions (login required)

View Item View Item