Analisis Keberadaan Komponen HOTS dalam Media Pembelajaran pada Materi Fisika SMA Kelas X

Yusmawati, Maulita (2022) Analisis Keberadaan Komponen HOTS dalam Media Pembelajaran pada Materi Fisika SMA Kelas X. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_5_MAULITA_18033151_5039_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Semester I di SMAN Kota Padang” Kurikulum 2013 yang menuntut adanya keterampilan abad 21. Keterampilan yang dimiliki pada kurikulum 2013 salah satunya HOTS. Pembelajaran berbasis HOTS menuntut peserta didik untuk mampu memecahkan masalah dengan kritis dan kreatif serta mampu mengambil keputusan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang menarik dan aktif salah satunya berupa media pembelajaran. Keberadaan komponen HOTS belum diketahui dalam media pembelajaran. Peneliti melakukan penelitian analisis keberadaan komponen HOTS dalam media pembelajaran pada materi fisika SMA kelas X semester I di SMAN Kota Padang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keberadaan komponen HOTS dalam media pembelajaran pada materi fisika SMA kelas X semester I di SMAN Kota Padang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi data penelitian adalah seluruh SMA Negeri se-Kota Padang. Pengambilan sampel sekolah sebanyak 16 sekolah yang dilakukan dengan teknik propotionate stratifield random sampling. Sedangkan untuk pengambilan sampel media pembelajaran menggunakan teknik non probability sampling dengan jenisnya yaitu puposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah media pembelajaran yang dibuat oleh guru yang terdiri dari 6 sekolah SMAN Kota Padang. Data penelitian diambil menggunakan instrumen analisis sajian media pembelajaran dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian mengenai keberadaan komponen HOTS dalam media pembelajaran pada materi fisika SMA kelas X semester I di SMAN Kota Padang, dapat disimpulkan bahwa keberadaan komponen HOTS dalam media pembelajaran 33.64% dengan kategori kurang memfasilitasi. Keberadaan komponen HOTS berdasarkan materi fisika kelas X semester I tertinggi terdapat pada materi gerak melingkar dengan persentase rata-rata 37.96% dikategorikan kurang memfasilitasi. Keberadaan komponen HOTS tertinggi terdapat pada keterampilan pemecahan masalah yaitu 39.85% dikategorikan kurang memfasilitasi. Keberadaan komponen HOTS terendah terdapat pada keterampilan pengambilan keputusan yaitu 28.6% dikategorikan kurang memfasilitasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahim, Fanny RahmatinaUNSPECIFIED
CorrectorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:47
Last Modified: 02 Mar 2023 08:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42576

Actions (login required)

View Item View Item