Keanekaragaman Jenis Anura Di Zona Riparian Dan Non-Riparian Di CagarAlam Lembah Anai Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat

Octavian, Fachrul Rozi (2022) Keanekaragaman Jenis Anura Di Zona Riparian Dan Non-Riparian Di CagarAlam Lembah Anai Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_4_FACHRUL_ROZI_OCTAVIAN_18032050_6584_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman ekosistem, spesies, dan genetik yang tinggi sehingga Indonesia dijuluki sebagai mega diversity country. Salah satu pulau dengan biodiversitas yang tinggi yaitu pulau Sumatera dengan keanekaragaman habitat beruparawa gambut di dataran rendah dan hutan hujan tropis yang berada di dataran tinggi. Meskipun dengan keberagaman habitatnya, keanekaragaman hayati di Sumatera sendiri belum tercatat dengan baik. Hal ini disebabkan oleh kurangny ausaha sampling dan survey lapang yang intensif dan extensive. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis Anura di zona riparian dan non-riparian di CagarAlam Lembah Anai Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat.Pengambilan sampel dilakukan pada dua jenis zona habitat, yaitu di zona riparian yang berada disekitar aliran sungai, dan zona non-riparian yang beradajauh (>50m) dari sungai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode transek yang di aplikasikan pada dua zona habitat yaitu tegak lurus terhadap sungai untuk zona riparian, dan di daerah hutan yang jauh dari sungai untuk zona non-riparian. Transek memiliki panjang50 meter dengan area jelajah 1 meter kekanan dan kiri. Hasil yang diperoleh dianalisis dengan indeks keanekaragaman jenis Shannon-Wienner, indeks kekayaan jenis Margalef, indeks kemerataan jenis pielou dan densitas populasi. Hasil penelitian didapatkan 22 individu dengan 10 spesies yang tergolong kedalam10 genera dan enam famili. Keanekaragaman jenis pada zona riparian dan non-riparian tergolong sedang masing-masing 2,0599 dan 1,609. Kekayaan jenis pada zona riparian dan non-riparian tergolong rendah yaitu2,47 dan 2,48. Kemerataan jenis di dua tipe habitat tergolong stabil masing-masing 0,9906 dan 0,9997. Densitas setiap jenis anura di Cagar Alam Lembah Anai berkisar dari 0,0007-0,0021 ind/m².

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNugraha, Fitra Arya DwiUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RijalUNSPECIFIED
CorrectorAtifah, YusniUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:46
Last Modified: 02 Mar 2023 08:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42570

Actions (login required)

View Item View Item