Efektivitas Pembelajaran Geografi Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar di SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Hasimah, Putri (2022) Efektivitas Pembelajaran Geografi Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_PUTRI_HASIMAH_18045032_4144_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Google Classroom dalam pembelajaran Geografi di SMA Pembangunan Laboratorium UNP (2) mengetahui efektifitas penggunaan aplikasi Google Classroom terhadap hasil belajar Geografi siswa di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X, XI dan XII jurusan IPS semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling yaitu sebanyak 77 responden. Analisis data menggunakan skala likert dengan menggunakan program IBM SPSS 21 dan dibantu oleh Microsoft Excel untuk mengolah data. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini diantaranya : (1) dari angket yang telah disebarkan pada 77 responden, maka hasil analisis keefektifan yang di peroleh adalah sebagai berikut ; 24,68% berada dengan kategori sangat efektif, 40,26% berada dengan kategori efektif, 19,48% berada dengan kategori cukup efektif, 5,19% berada dengan kategori tidak efektif dan 10,39% berada dengan kategori sangat tidak efektif. Dengan demikian, hasil analisis efektivitas pembelajaran Geografi dengan menggunakan aplikasi Google Classroom pada skala prioritas siswa adalah 40,26% yang berada pada kategori “ Efektif”, (2) adanya hubungan antara efektifitas aplikasi Google Classroom dengan hasil belajar Geografi siswa kelas X, XI dan XII IPS, yang mana dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,627 dengan kategori “Korelasi Kuat”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorHermon, DediUNSPECIFIED
CorrectorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN ONLINE, HASIL BELAJAR GEOGRAFI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:45
Last Modified: 02 Mar 2023 08:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42569

Actions (login required)

View Item View Item