Pengembangan Booklet Bernuansa Konseptual Tentang Materi Struktur dan Fungsi Organel Sel untuk Peserta Didik Kelas XI SMA

Putry, Wega Deska (2022) Pengembangan Booklet Bernuansa Konseptual Tentang Materi Struktur dan Fungsi Organel Sel untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_3_WEGA_ DESKA_PUTRY_18031088_5970_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Peserta didik mudah mengingat materi yang bergambar dan berwarna dalam menjawab soal terkait dengan materi dan juga menyukai bahan ajar yang disajikan dalam bentuk buku kecil dan tidak tebal. Menurut peserta didik materi struktur dan fungsi organel sel termasuk materi sulit. Namun penggunaan bahan ajar tambahan bookletsangat jarang digunakan di sekolah. Salah satu inovasi penting adalah pengembangan bahan ajar dalam bentuk booklet, maka peneliti melakukan penelitian pengembangan booklet bernuansa konseptual tentang materi struktur dan fungsi organel sel untuk peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kevalidan dan kepraktikalitasan booklet bernuansa konseptual tentang materi struktur dan fungsi organel sel untuk peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, menggunakan tiga tahap dari 4-D models,terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Kelayakan produkbooklet diukur berdasarkan validitas dan praktikalitas media. Booklet divalidasi oleh 2 orang dosen Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru Biologi SMAN 7 Padang. Uji praktikalitas dilakukan oleh 1 guru Biologi dan 32 peserta didik di SMAN 7 Padang. Data penelitian ini adalah data primer, diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan produk berupa media pembelajaran biologi berbentuk booklet. Hasilvalidasi diperoleh nilai rata-rata adalah 87,38%, kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas dengan guru diperoleh nilai rata-rata 95,3%, kriteria sangat praktis dan hasil uji praktikalitas oleh peserta didik diperoleh nilai rata-rata 91,8%, kriteria sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwabooklet bernuansa konseptual tentang materi struktur dan fungsi organel sel untuk peserta didik kelas XI SMA memiliki kriteria sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, ReisaUNSPECIFIED
CorrectorRistiono, RistionoUNSPECIFIED
CorrectorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:45
Last Modified: 02 Mar 2023 08:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42565

Actions (login required)

View Item View Item