Pengembangan E-Modul Stoikiometri Berbasis Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa X SMA/MA.

Harnas, Dolla Mulyana (2022) Pengembangan E-Modul Stoikiometri Berbasis Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa X SMA/MA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_DOLLA_MULYANA_HARNAS_20176004_3595.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Materi stoikiometri merupakan materi yang abstrak dan sulit dipahami sehingga siswa sulit dalam mempelajarinya. Salah bahan ajar yang dapat membantu dalam proses pembelajaran yaitu e-modul. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menghasilkan e-modul stoikiometri berbasis guided discovery learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa X SMA/MA valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yaitu research dan development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Subjek penelitian yaitu 3 orang guru kimia dan siswa kelas X SMA N 1 Rambatan. Instrument penelitian yaitu angket validitas, angket praktikalitas dan soal essay. E-modul divalidasi oleh 7 validator. Hasil analisis validasi e-modul dengan formula Aiken’s V diperoleh nilai Aiken’s V validitas konten sebesar 0.85 dengan kategori valid, sedangkan untuk teknikal diperoleh nilai Aiken’s V sebesar 0.83 dengan kategori valid. Untuk perhitungan tingkat kepraktisan e-modul dihitung dengan menggunakan skala likert. Berasarkan penilaian kepraktisan oleh guru diperoleh nilai persentase praktikalitas sebesar 82% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji praktikalitas oleh siswa sebesar 81% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji-t hipotesis kemampuan literasi sains siswa nilai signifikansinya sebesar 0.02 dan 0.01 dimana nilai lebih kecil dari 0.05 menunjukan kemampuan literasi sains siswa meningkat secara signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan e-modul stoikiometri berbasis guided discovery learning yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa dan memiliki validitas dan praktikalitas sangat tinggi serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran kimia di SMA/MA.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOktavia, BudhiUNSPECIFIED
CorrectorAzhar, MindaUNSPECIFIED
CorrectorDewata, IndangUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 02 Mar 2023 06:17
Last Modified: 02 Mar 2023 06:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42562

Actions (login required)

View Item View Item