Harnas, Dolla Mulyana
(2022)
Pengembangan E-Modul Stoikiometri Berbasis Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa X SMA/MA.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Materi stoikiometri merupakan materi yang abstrak dan sulit dipahami sehingga siswa sulit dalam mempelajarinya. Salah bahan ajar yang dapat membantu dalam proses pembelajaran yaitu e-modul. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk
menghasilkan e-modul stoikiometri berbasis guided discovery learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa X SMA/MA valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yaitu research dan development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Subjek penelitian yaitu 3 orang guru kimia dan siswa kelas X SMA N 1 Rambatan. Instrument penelitian yaitu angket
validitas, angket praktikalitas dan soal essay. E-modul divalidasi oleh 7 validator. Hasil analisis validasi e-modul dengan formula Aiken’s V diperoleh nilai Aiken’s V validitas konten sebesar 0.85 dengan kategori valid, sedangkan untuk teknikal diperoleh nilai Aiken’s V sebesar 0.83 dengan kategori valid. Untuk perhitungan tingkat kepraktisan e-modul dihitung dengan menggunakan skala likert.
Berasarkan penilaian kepraktisan oleh guru diperoleh nilai persentase praktikalitas sebesar 82% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji praktikalitas oleh siswa sebesar 81% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji-t hipotesis kemampuan literasi sains siswa nilai signifikansinya sebesar 0.02 dan 0.01 dimana nilai lebih kecil dari 0.05 menunjukan kemampuan literasi sains siswa meningkat secara signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan e-modul stoikiometri berbasis guided discovery learning yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa dan memiliki validitas dan praktikalitas sangat tinggi serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran kimia di SMA/MA.
Actions (login required)
|
View Item |