Evaluasi Program Pembelajaran Mata Pelajaran Sistem Utilitas Bangunan Gedung pada Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti Menggunakan Model CIPPO di SMK Negeri 2 Banda Aceh

Ahzaliza, Dian (2022) Evaluasi Program Pembelajaran Mata Pelajaran Sistem Utilitas Bangunan Gedung pada Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti Menggunakan Model CIPPO di SMK Negeri 2 Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_DIAN_AHZALIZA_19138032_2604.pdf

Download (646kB) | Preview

Abstract

Provinsi Aceh tercatat sebagai salah satu provinsi dengan skor tes potensi skolastik (TPS) terendah secara nasional pada Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tahun 2020. Data wawancara di SMK Negeri 2 Banda Aceh pada tahun 2021, diperoleh dari 25 siswa didapatkan 4 orang yang tidak lulus ujian keterampilan pada mata pelajaran sistem utilitas bangunan gedung. Tujuan penelitian untuk mengevaluasi proses pembelajaran mata pelajaran sistem utilitas bangunan gedung pada Program Keahlian Teknik Kontruksi dan Properti menggunakan model CIPPO di SMK Negeri 2 Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPPO, yaitu evaluasi terhadap conteks, input, process, produk dan outcome, Jenis penelitian adalah mixed method dengan Concurrent Triangulastion Strategy. Sumber data kualitatif diperoleh dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Sarana dan Prasarana, Kepala Jurusan Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti, Kepala Lab dan 5. Guru yang mengajar mata pelajaran sistem utilitas bangunan gedung pada SMK Negeri 2 Banda Aceh. Data kuantitatif diambil dari siswa kelas XII dan XIII yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen konteks ada di kategori cukup (73,59%), komponen Input dalam kategori cukup (75,69%), komponen proses dalam kategori cukup (72,01%), komponen Produk dalam kategori cukup (66,5%), dan komponen outcome juga dalam kategori cukup (73,25%). Karena semua komponen berada dalam kategori cukup, maka disarankan untuk melakukan perbaikan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan prestasi siswa dalam mata pelajaran sistem utilitas bangunan gedung pada Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 2 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaksum, HasanUNSPECIFIED
CorrectorWakhinuddin, WakhinuddinUNSPECIFIED
CorrectorIndrawan, EkoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 02 Mar 2023 06:16
Last Modified: 02 Mar 2023 06:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42561

Actions (login required)

View Item View Item