Ahzaliza, Dian
(2022)
Evaluasi Program Pembelajaran Mata Pelajaran Sistem Utilitas Bangunan Gedung pada Program Keahlian Teknik Konstruksi dan
Properti Menggunakan Model CIPPO di SMK Negeri 2 Banda Aceh.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Provinsi Aceh tercatat sebagai salah satu provinsi dengan skor tes potensi skolastik (TPS) terendah secara nasional pada Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tahun 2020. Data wawancara di SMK Negeri 2 Banda Aceh pada tahun 2021, diperoleh dari 25 siswa didapatkan 4 orang yang tidak lulus ujian keterampilan pada mata pelajaran sistem utilitas bangunan gedung. Tujuan penelitian untuk mengevaluasi proses pembelajaran mata pelajaran sistem utilitas bangunan gedung pada Program Keahlian Teknik Kontruksi dan Properti
menggunakan model CIPPO di SMK Negeri 2 Kota Banda Aceh.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPPO, yaitu evaluasi terhadap conteks, input, process, produk dan outcome, Jenis penelitian adalah mixed method dengan Concurrent Triangulastion Strategy. Sumber data kualitatif diperoleh dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Sarana dan Prasarana, Kepala Jurusan Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti, Kepala Lab dan 5. Guru yang mengajar mata pelajaran sistem utilitas bangunan gedung pada SMK Negeri 2 Banda Aceh. Data kuantitatif
diambil dari siswa kelas XII dan XIII yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen konteks ada di kategori cukup (73,59%), komponen Input dalam kategori cukup (75,69%), komponen proses dalam kategori cukup (72,01%), komponen Produk dalam kategori cukup
(66,5%), dan komponen outcome juga dalam kategori cukup (73,25%). Karena semua komponen berada dalam kategori cukup, maka disarankan untuk melakukan perbaikan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan prestasi siswa dalam mata pelajaran sistem utilitas bangunan gedung pada Program Keahlian
Teknik Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 2 Banda Aceh.
Actions (login required)
|
View Item |