Permasalahan Motivasi, Minat dan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA dalam Pembelajaran Biologi di SMAN 6 Padang

Yohana, Lidya (2022) Permasalahan Motivasi, Minat dan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA dalam Pembelajaran Biologi di SMAN 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran biologihendaknya melibatkan keaktifanberpikir siswa, sehingga terjadi peningkatan kemampuanuntuk menganalisis konsep yang ditemukan dengan benar. Namun, pembelajaran biologi yang diterapkan tidak sepenuhnya dapat berjalan dengan baik. Hal ini akan menimbulkan permasalahan siswa dalam belajar yang ditandai dengan suatu kondisi dimana siswa tidak dapat belajarsebagaimana mestinya. Untuk itu perlu dilakukan identifikasi mengenai permasalahan siswa dalam belajar serta hendaknya guru dapat mengevaluasi dan mencarikan solusi terhadap permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar persentasepermasalahan mengenai aspek motivasi, minat dan konsentrasi belajar siswa serta mengetahui apakah terdapat korelasi antara motivasi dengan minat belajar, motivasi dengan konsentrasi belajar, dan minat dengan konsentrasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi di SMAN 6 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan penelitian ini dilakukan bulan Mei 2022 di SMAN 6 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian terhadap populasi yaitu siswa kelas XI MIPA tahun ajaran 2021/2022 di SMAN 6 Padang yang berjumlah 158 orang sekaligus sebagai subjek penelitian dengan teknik pengambilan sampel yaitu Probability Sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari subjek penelitian dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket mengenai motivasi belajar, minat belajar dan konsentrasi belajar. Prosedur penelitian terdiri atas tahap persiapan penelitian, tahap pelaksanaan penelitian, dan tahap penyelesaian penelitian.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan besar persentase permasalahan pada aspek motivasi belajar sebesar 27%; pada aspek minat belajar sebesar 22%; dan pada aspek konsentrasi belajar sebesar 22%. Hasil koefisien korelasi antara motivasi dengan minat belajar sebesar 0.762 dengan kategori kuat; antara motivasi dengan konsentrasi belajar sebesar 0.816 dengan kategori sangat kuat; dan antara minat dengan konsentrasi belajar sebesar 0.731 dengan kategori kuat. Maka dapat disimpulkan pada aspek motivasi, minat dan konsentrasi belajar siswa terdapat permasalahan dengan kategori rendah serta antara motivasi dengan minat belajar, motivasi dengan konsentrasi belajar dan minat dengan konsentrasi belajar memiliki korelasi yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MahyiatulUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ArdiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:50
Last Modified: 02 Mar 2023 04:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42553

Actions (login required)

View Item View Item