Pengembangan Praktikum Aplikasi Ecoenzyme: Pupuk Organik Cair Berorientasi Flipped Learning pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Kelas XII SMA

Rahmadani, Laiela (2022) Pengembangan Praktikum Aplikasi Ecoenzyme: Pupuk Organik Cair Berorientasi Flipped Learning pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Kelas XII SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_3_LAIELA_RAHMADANI_18031141_6240_2022.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Keterlaksanaan praktikum biologi di SMAN 9 Padang kurang efektif karena belum adanya petunjuk praktikum yang jelas. Selain itu, belum diterapkannya model pembelajaran flipped learning pada kegiatan praktikum dan juga untuk kegiatan praktikum pada materi pertumbuhan dan perkembangan belum dilaksanakan di SMAN 9 Padang tahun 2021/2022. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pengembangan praktikum aplikasi eco-enzyme: pupuk organic cair berorientasi flipped learning pada materi pertumbuhan dan perkembangan kelas XII SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan praktikum aplikasi eco-enzyme: pupuk organic cair berorientasi flipped learning pada materi pertumbuhan dan perkembangan kelas XII SMA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R &D) dengan menggunakan model Plomp. Subjek penelitian terdiri dari 22 orang peserta didik dari ekstrarikuler ekologi kelas X, XI, dan XII di SMAN 1 LubukBasung, 3 orang dosenJurusanBiologi FMIPA UNP, dan 2 orang guru biologi SMAN 1 Lubuk Basung. Objek penelitian ini adalah penuntun Praktikum eco-enzyme pertumbuhan dan perkembangan berorientasi flipped learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket investigasi awal, lembar angket self evaluation, lembar angket expert review, lembarangketone to one evaluation, lembarangketsmall group evaluation, dan lembar angket praktikalitas (field test). Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitafif dalam bentuk deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menghasilkan sebuah produk berupa penuntun praktikum eco-enzyme pertumbuhan dan perkembangan berorientasi flipped learning untuk kelas XII SMA. Pada uji validitas penuntun praktikum yang dikembangkan diperoleh criteria sangat valid dengan rata-rata nilai 92,82% oleh validator. Ditinjau dari uji praktikalitas penuntun praktikum yang dikembangkan diperoleh criteria sangat praktis oleh guru dengan nilai rata-rata 95,71% dan memperoleh criteria praktis oleh peserta didik dengan nilai rata-rata 87,86%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan praktikum aplikasi eco-enzyme: pupuk organic cair berorientasi flipped learning pada materi pertumbuhan dan perkembangan kelas XII SMA yang sangat valid dan sangat praktis oleh guru serta praktis oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFadillah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorFitri, RahmadhaniUNSPECIFIED
CorrectorFarma, Siska AliciaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:49
Last Modified: 02 Mar 2023 04:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42551

Actions (login required)

View Item View Item