Adrian, Adrian
(2022)
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap
Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Siswa SMK Negeri 1 Karimun dalam Pembelajaran Matematika.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya hasil dan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil dan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di jurusan Teknik
Pengelasan dan Fablikasi Logam SMK Negeri 1 Karimun.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan desain factorial 2×2, yakni dengan memperhatikan kemungkinan adanya variabel moderator yang mempengaruhi penelitian (variable independent) terhadap hasil dan minat (variable dependent). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Teknik Pengelasan dan Fablikasi Logam (TPFL) yang berjumlah 68 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TPFL 1 untuk kelas eksperimen dan kelas X TPFL 2 untuk kelas kontrol dengan pertimbangan kelas tersebut memiliki tingkat kemampuan sama. Mata Pelajaran Matematika untuk kelas X TPFL 1 diberikan dengan penerapan model pembelajaran inkuiri sedangkan kelas X TPFL 2 diberikan dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian dengan menggunakan teknik anova dua jalur. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: 1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi
dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelejaran konvensional, 2) Rata-rata hasil belajar mata pelajaran matematika siswa yang memiliki minat tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki minat rendah, 3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar dalam mempengaruhi hasil
belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Inkuiri, Minat, Matematika.
Actions (login required)
|
View Item |