Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Smart Apps Creator Bermuatan Pendekatan Kontekstual tentang Materi Ekosistem untuk Peserta Didik di SMA

Ramanda, Elsa Suci (2022) Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Smart Apps Creator Bermuatan Pendekatan Kontekstual tentang Materi Ekosistem untuk Peserta Didik di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_3_ELSA_SUCI_RAMANDA_18031101_4935_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) membawa banyak perubahan pada media pembelajaran, yang mana pada saat ini media pelajaran dapat disajikan dalam bentuk media digital interaktif, satu diantaranya yaitu e-modul. Berdasarkan observasi diketahui bahwa guru dan peserta didik belum pernah menggunakan e-modul serta peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilakan e-modul interaktif menggunakan Smart Apps Creator bermuatan pendekatan kontekstual tentang materi ekosistem untuk peserta didik di SMA yang valid dan praktis. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan, menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analizing (menganalisis), Designing (merancang), Developing (mengembangan), Implementing (mengimplementasikan), dan Evaluating (mengevaluasi). Subjek penelitian ini adalah 2 orang dosen Biologi FMIPA UNP, 1 orang guru Biologi, dan 30 peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Payakumbuh. Objek penelitian ini adalah e-modul interaktif menggunakan Smart Apps Creator bermuatan pendekatan kontekstual tentang materi ekosistem untuk peserta didik di SMA. Instrumen yang digunakan adalah angket observasi, angket validitas, dan angket praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil validitas e-modul memiliki nilai rata-rata 97% dengan kriteria sangat valid. Hasil praktikalitas e-modul yang dikembangkan memiliki nilai rata-rata 98,80% oleh guru dan 90,58% oleh peserta didik dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan e-modul interaktif menggunakan Smart Apps Creator bermuatan pendekatan kontekstual tentang materi ekosistem untuk peserta didik di SMA memiliki kriteria yang sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, ReisaUNSPECIFIED
CorrectorRistiono, RistionoUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:49
Last Modified: 02 Mar 2023 04:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42548

Actions (login required)

View Item View Item