Pengembangan Multimedia Menggunakan Adobe Flash Cs6 Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP

Sundapa, Avisha Putri (2022) Pengembangan Multimedia Menggunakan Adobe Flash Cs6 Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_3_AVISHA-PUTRI-SUNDAPA_20177002_6090_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada abad 21 mengarahkan peserta didik dapat menguasai keterampilan 4C (kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif). Berdasarkan analisis masalah keterampilan berpikir kritis dan kreatif belum pernah dilatih. Sumber belajar di sekolah sebaiknya dapat membantu peserta didik dalam melatih keterampilan berpikir peserta didik.Penggunaan multimedia dalam pembelajarandapat mengembangkan proses berpikir peserta didik. Penelitian ini bertujuan menghasilkan multimedia untuk materi sistem pernapasan dan sistem ekskresimanusia yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif pesertadidik Kelas VIII yang valid, praktis, dan efektif. Menganalisis hubungan keterampilan berpikir kritis terhadap keterampilan berpikir kreatif.Metode penelitian berupa pengembangan dengan model Plomp. Subjek penelitian peserta didik Kelas VIII SMPN 2 Pasaman. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket observasi, lembar validasi produk, lembar praktikalitas guru dan peserta didik, serta soal evaluasi berdasarkan indikator berpikir kritis dan kreatif.Teknik analisis data validitas, praktikalitas menggunakan penskoran dengan skala likert dan efektivitas menggunakan uji-t. Analisis hubungan keterampilan berpikir kritis terhadap keterampilan berpikir kreatif menggunakan uji korelasi signifikan siregresi.Hasil pengembangan multimedia diperoleh produk yang sangat validdengan nilai 82.63%. Praktikalitas guru dan peserta didik sangat praktis dengan nilai 94% dan 89%. Uji efektifitas multimedia ini efektif karena kelas eksperimen menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Terdapat66.6% keterampilan berpikir kritis berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif. Dengan demikian multimedia menggunakan adobe flash cs6 dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorIrdawati, IrdawatiUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:10
Last Modified: 02 Mar 2023 04:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42543

Actions (login required)

View Item View Item