Integer Linear Programming dengan Pendekatan Metode Cutting Plane dalam Memaksimalkan Keuntungan pada Produk Olahan Susu Sapi Lassy Dairy Farm

Suryani, Putri (2022) Integer Linear Programming dengan Pendekatan Metode Cutting Plane dalam Memaksimalkan Keuntungan pada Produk Olahan Susu Sapi Lassy Dairy Farm. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_2_PUTRI_SURYANI_18030039_6224_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Lassy Dairy Farm merupakan peternakan sapi perah yang memproduksi aneka olahan susu sapi diantaranya susu pasteurisasi, susu aneka rasa, keju mozarella, dan yogurt. Jumlah permintaan dari setiap jenis produk Lassy Dairy Farm yang tidak menentu mengharuskan perusahaan membuat perencanaan jumlah produksi yang optimal agar tidak terjadi penumpukan maupun kekurangan jumlah produksi, maka dari itu diperlukan suatu perencanaan jumlah produksi dari setiap jenis produkLassy Dairy Farm. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan jumlah produksi yang optimal dengan pendekatan metode cutting plane. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Lassy Dairy Farm. Data yang telah dikumpulkan dibentuk ke dalam model program linear integeryang kemudian diselesaikan dengan menggunakan metode simpleks, adapun solusi optimal yang diperoleh adalah berupa bilangan pecahan sehingga perlu dilanjutkan dengan menggunakan metode cutting planeuntuk memperoleh solusi optimal berupa bilangan bulat. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh jumlah produksi optimal untuk setiap jenis produk Lassy Dairy Farm yaitu susu pasteurisasi 2.160 kemasan, susu aneka rasa 8.000 kemasan, keju mozarella 914 kemasan, dan yogurt 596 kemasan. Keuntungan maksimum yang diperoleh dengan menggunakan metode cutting plane adalah sebesar Rp57.590.176, dengan selisih Rp291.364 dari keuntungan yang diperoleh sebelum menerapkan metode cutting plane.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrima, DevniUNSPECIFIED
CorrectorRizal, YusmetUNSPECIFIED
CorrectorWinanda, Rara SandhyUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:07
Last Modified: 02 Mar 2023 04:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42536

Actions (login required)

View Item View Item