Pengembangan Model Pengasuhan BDR (Belajar Dari Rumah) Dimasa Pandemi Covid_19 Dalam Perkembangan Emosional Anak Di Taman Kanak-Kanak.

Gumitri, Angra (2022) Pengembangan Model Pengasuhan BDR (Belajar Dari Rumah) Dimasa Pandemi Covid_19 Dalam Perkembangan Emosional Anak Di Taman Kanak-Kanak. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ANGRA_GUMITRI_20330003_3431.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian awal sebagian orang tua murid taman kanak-kanak kurangnya wawasan tentang model pengasuhan, untuk itu tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah produk berupa e-modul untuk pengenalan model pengasuhan kepada orang tua yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah research and development dengan model ADDIE, yakni dengan analysis, design, development, implementation dan evaluation. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket untuk uji validitas, pratikalitas dan efektifitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dengan validasi Aiken’s V. Hasil validitas e-modul oleh ahli materi dan ahli media dinyatakan valid dengan kategori penilaian adalah V= 0,73 dan V= 0,85 layak digunakan. Hasil praktikalitas menunjukkan bahwa e-modul dinyatakan sangat praktis dengan persentase 86,54 % dan 90,38% sebagai bahan untuk pengenalan model pengasuhan pada orang tua peserta didik, e-module model pengasuhan dapat menimbulkan motivasi bagi orang tua serta dapat digunakan secara berulang�ulang oleh orang tua bila diperlukan. Hasil persentase efektifitas e- modul 82,86% dinyatakan efektif. Dapat disimpulkan bahwa e-modul model pengasuhan ditaman kanak-kanak sudah layak digunakan sebagai model pengasuhan BDR (Belajar dari rumah) memiliki kualitas yang valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
CorrectorNurhafizah, NurhafizahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:07
Last Modified: 02 Mar 2023 04:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42535

Actions (login required)

View Item View Item