Dampak Penggunaan LKPD Berbasis Etnomatematika dengan Konteks Batik Jambi Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas IX SMPN 10 Batang Hari

Satriani, Melly (2022) Dampak Penggunaan LKPD Berbasis Etnomatematika dengan Konteks Batik Jambi Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas IX SMPN 10 Batang Hari. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1_1_MELLY_SATRIANI_17029160_6210_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan pembelajaran matematika salah satunya adalah peserta didik dapat memiliki kemampuan pemahaman konsep. Pada kenyataannya, pemahaman konsep peserta didik di SMPN 10 Batang Hari masih dalam kategori rendah. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep akan berdampak pada hasil belajar peserta didik yang tidak optimal. Salah satusolusi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan LKPD berbasis etnomatematika dengan konteks Batik Jambi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemahaman konsep matematis pesrta didik kelas IX SMPN 10 Batang hari setelah menggunakan LKPD berbasis etnomatematika dengan konteks batik Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pra-eksperimen dengan rancangan one shot case study. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.A SMPN 10 Batanghari.Data penelitian ini dikumpulkan melalui teskemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan perolehan rata-rata nilai peserta didik perindikator dan presentase jumlah peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas IX SMPN 10 Batang hari setelah menggunakan LKPD berbasis etnomatematika dengan konteks batik jambi sangat baik dengan rata-rata hasil tesakhir yaitu 82,8 dan mengalami peningkatan pada masing-masingin dikator. Serta, terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang berkembang setiap pertemuan, yang dilihat dari latihan yang ada di setiap pertemuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:53
Last Modified: 02 Mar 2023 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42523

Actions (login required)

View Item View Item