Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Tutorial Materi Menggambar Ilustrasi di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sutera.

Nurhazirah, Nurhazirah (2022) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Tutorial Materi Menggambar Ilustrasi di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sutera. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_NURHAZIRAH_18020089_4012.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa materi menggambar ilustrasi dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sutera. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Class room action research). Prosedur penelitian ini berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata ketuntasan hasil belajar pra siklus 39,3% menjadi 54,5% pada siklus I. Kemampuan siswa terus menunjukan peningkatan pada siklus II dengan persentase yang tuntas 93,9%. Berdasarkan hasil temuan penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video tutorial dapat meningkatkan hasil belajar kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sutera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAwrus, SuibUNSPECIFIED
CorrectorWikarya, YusronUNSPECIFIED
CorrectorErnis, ErnisUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:19
Last Modified: 02 Mar 2023 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42518

Actions (login required)

View Item View Item