Analisis Amenitas Wisata Pantai Pasir Tikudan Daya Dukung Wisata Pantai Pasir Tiku di Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat

Ayulanda, Mutia (2022) Analisis Amenitas Wisata Pantai Pasir Tikudan Daya Dukung Wisata Pantai Pasir Tiku di Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_MUTIA_AYULANDA_16045010_3845_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Menganalisis Amenitas wisata Pantai Pasir Tiku 2). Menganalisis daya dukung fisik wisata Pantai Pasir Tiku. Jenis penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah kepala bidang pengembangan destinasi dan daya tarik wisata dinas pariwisata pemuda dan olahraga Kab Agam, pengelola objek wisata Pantai Pasir Tiku, pengunjung sebanyak 90 orang dan delapan orang pedagang objek wisata Pantai Pasir Tiku. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analis data dengan cara mereduksi, display data dan verifikasi data. Teknik keabsahan data menggunakan kredibilitas, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1).Amenitas Pantai Pasir Tiku sudah terbilang lengkap dari sebelas indikator sarana penunjang amenitas hanya tiga sarana yang tidak ada diatarananya yaitu listrik, tempat parkir dan toko souvenir. 2). Analisis daya dukung objek wisata Pantai Pasir Tiku masuk kedalam kelebihan jumlah pengunjung berdasarkan daya tampung. Hal ini berdasarkan rata-rata jumlah pengunjung yang berwisata ke objek wisata pantai pasir tiku dalam rentang lima tahun belakang yaitu 163 orang per hari, maka jumlah tersebut melebihi daya tampung yang seharusnya di objek wisata Pantai Pasir Tiku. Daya tampung yang seharusnya yaitu 105 orang dalam seharinya per 2,7 jam. Dengan jumlah yang melebih dari daya tampungnya maka hal yang pelu dilakukan oleh pengelola adalah pembatasan jumlah pengunjung yang datang ke objek wisata pantai pasir tiku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMariya, SriUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANALISIS AMENITAS WISATA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:06
Last Modified: 02 Mar 2023 02:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42513

Actions (login required)

View Item View Item