Strategi Sekolah dalam Mempertahankan Kualitas Lulusan pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Padang

Riyadi, Muhammad Rafli (2022) Strategi Sekolah dalam Mempertahankan Kualitas Lulusan pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_MUHAMMAD_RAFLI_RIYADI_18058028_4791_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadi nya suatu peristiwa yang disebut dengan pandemi Covid-19. Peristiwa tersebut menyebabkan semua elemen yang ada di masyarakat mengalami perubahan yang cukup signfikan, mulai dari bidang ekonomi, sosial, budaya maupun pendidikan. Khusus di bidang pendidikan, pemerintah merubah sistem pendidikan yang dahulu nya pembelajaran dilakukan secara tatap muka, kini pemerintah beralih ke pembelajaran daring. Hal tersebut menimbulkan beberapa masalah mulai dari susah nya sekolah dalam beradaptasi bahkan mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar dan mengakibat terjadi nya learning loss yang membuat kualitas lulusan sekolah mengalami penurunan kualitas. Dalam pembelajaran daring, SMA Negeri 1 Padang juga menerapkan proses pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi SMA Negeri 1 Padang dalam mempertahankan kualitas lulusan nya selama pandemi Covid-19 berlangsung. Penelitian ini di analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 5 orang yang terdiri dari perangkat sekolah seperti Kepala Sekolah, Wakil Kurikulum, Wakil Kesiswaan, Guru BK, dan Guru Mengajar. Teknik Pengumpulan Data dilakukan dengan observasi langsung ke lokasi penelitian yaitu SMAN 1 Padang, mewawancarai informan yang ada di lapangan dengan cara memberikan beberapa pertanyaan mengenai masalah yang penulis hadapi dan melakukan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data dari Miles dan Huberman. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori struktural fungsional dari Talkott Parsons dengan skema A.G.I.L (Adaptation, Goal, Integrity, and Latency). Dalam teori ini melihat masyarakat sebagai suatu sistem kesatuan yang saling berfungsi satu sama lain. Apabila salah satu sistem dalam masyarakat tidak berfungsi dengan baik, maka sistem yang lainnya akan mengalami masalah. Hasil dari penelitian ini adalah, SMA Negeri 1 Padang menggunakan beberapa strategi dalam melaksanakan proses pembelajaran selama daring agar pembelajaran bisa berjalan dengan standar kualitas yang dimiliki sekolah agar lulusan sekolah mampu lulus ke PTN favorit di indonesia. Hasil nya, SMAN 1 Padang mampu meningkatkan kualitas lulusan siswa selama pandemi berlangsung karena menggunakan beberapa strategi yang dilakukan sekolah agar pembelajaran bisa berjalan dengan baik selama pandemi berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFernandes, RenoUNSPECIFIED
CorrectorNora, DesriUNSPECIFIED
CorrectorFebriani, Eka AsihUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KUALITAS LULUSAN, COVID-19
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Mar 2023 08:04
Last Modified: 01 Mar 2023 08:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42510

Actions (login required)

View Item View Item