Program Penguatan Pendidikan Karakter Religius terhadap Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Padang

Pridayani, Melinda (2022) Program Penguatan Pendidikan Karakter Religius terhadap Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_07_MELINDA_PRIDAYANI_18329192_3739_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perencanaan program pelaksanaan penguatan pendidikan karakter religius terhadap siswa, pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter religius terhadap siswa, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter religius terhadap siswa di SMP Negeri 13 Padang. Penelitian menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus (case study). Sumber data penelitian diambil dari empat belas orang informan yang terdiri atas kepala sekolah, tiga guru Pendidikan Agama Islam dan sepuluh siswa. Data penelitian diambil melalui wawancara secara mendalam yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Disini ditemukan beberapa bentuk perencanaan, pelaksanaan, faktor pendukung, dan faktor penghambat. Hasil penelitian menunjukkan; pertama: terkait dengan perencanaan program Tadarus alquran, sholat berjamaah, dan muhadarah. dimulai dengan menentukan waktu kegiatan, tujuan kegiatan, target kegiatan dan langkah-langkah dalam pelaksanaan kegiatan. Kedua: terkait dengan pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter religius terhadap siswa di SMP Negeri 13 Padang yaitu: program tadarus alquran ada target yang belum tercapai yaitu ada beberapa siswa yang belum lancar membaca alquran. Sholat berjamaah di sekolah tidak berjalan sesuai dengan yang direncakanan karena pelaksanaannya terkendala pandemic. Program muhadarah ini belum mencapai target yang diinginkan, karena masih banyak siswa yang merasa takut, malu tampil di depan padahal mereka memiliki bakat untuk berpidato, membaca alquran, menjadi MC, dan lainnya Ketiga: terkait dengan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi siswa dalam melaksanakan program penguatan pendidikan karakter religius ditemukan empat faktor pendukung yaitu i) buku agenda penguatan karakter, ii) keinginan siswa, iii) kegiatan keagamaan, iv) sarana dan prasarana dan lima faktor penghambat yaitu i) lingkungan, ii) teman sebaya, iii) handphone, iv) kurang nya kesadaran siswa, v) kurangnya pengawasan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRivauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
CorrectorWiza, RahmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KARAKTER RELIGIUS, PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Mar 2023 07:10
Last Modified: 01 Mar 2023 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42507

Actions (login required)

View Item View Item