Pengaruh Kualitas layanan E-resources Terhadap Kepuasan Pemustaka Di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Padang

Arrahman, Hanif Aniq (2022) Pengaruh Kualitas layanan E-resources Terhadap Kepuasan Pemustaka Di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_HANIF_ANIQ_ARRAHMAN_18234048_3297.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kepuasan pemustaka merupakan hal yang penting bagi UPT Perpustakaan Negeri Padang. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kepuasan pemustaka adalah dengan penerapan layanan e-resources yang baik untuk mempermudah pemustaka mendapatkan informasi secara digital, tampa batasan waktu dan tempat. Namun, berdasarkan wawancara dan observasi awal masih terdapat pemustaka yang merasa belum puas dengan kualitas layanan e-resources UPT Perpustakaan Negeri Padang. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh kualitas layanan e-resources UPT Perpustakaan Negeri Padang terhadap kepuasan pemustakanya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menerapkan tiga dimensi dari metode Webqual 4.0 dan satu dimensi dari metode E-s-qual sehingga terdapat 25 pertanyaan yaitu usability, information quality, service interaction quality, System Availability dan User satisfaction. Untuk memperoleh data dilakkan dengan cara penyebaran quisioner dilakukan secara online kepada responden. Hasil pengolahan dan analisisi data dituangkan dalam tabel dan diperhitungkan dalam prosentase. Objek penelitian adalah pemustaka jasa layanan di Perpustakaan UNP, yang sudah terdaftar sebagai anggota perpustakaan. Berdasarkan pada objek tersebut, maka yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah semua anggota Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Karena jumlah populasi yang cukup banyak, maka jumlah tersebut perlu diperkecil dengan jalan pengambilan sampel. Penarikan sampel dan populasi dilakukan secara acak. Berdasarkan temuan penelitian menunjukan variabel kepuasan pengguna (user satisfaction) terhadap kualitas layanan e-resources memiliki skor rata-rata sebesar 3.10, bahwa kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan e-reources tergolong pada kategori baik. Dan Berdasarkan pengujian koefisien determinasi melalui uji regresi linear berganda memiliki nilai sebesar 56 %. Jadi, kualitas layanan e-resources menggunakan metode webqual 4.0 dan e-s-qual berpengaruh sebanyak 56% terhadap kepuasan pengguna di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Padang, sedangkan sisanya sebesar 44% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
CorrectorHafrison, HafrisonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-resources
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 01 Mar 2023 07:08
Last Modified: 01 Mar 2023 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42503

Actions (login required)

View Item View Item