Analisis Potensi Pemanfaatan Jasa Lingkungan Karst Ngalau Anak Aia Ilang Desa Sakayan Nagari Pasie Laweh Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman

Andini, Melfi (2022) Analisis Potensi Pemanfaatan Jasa Lingkungan Karst Ngalau Anak Aia Ilang Desa Sakayan Nagari Pasie Laweh Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_MELFI_ANDINI_15045010_4746_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui data-data potensi jasa lingkungan di kawasan karst Ngalau Anak Aia Ilang. (2) untuk mengetahui tingkat pemanfaatan potensi jasa lingkungan kawasan karst Ngalau Anak Aia Ilang oleh masyarakat. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian yaitu masyarakat desa sakayan. Teknik analisis yang digunakan mengacu pada dua tujuan penelitian yaitu mengetahui data-data potensi jasa lingkungan di kawasan karst Ngalau Anak Aia Ilang didapatkan dengan melakukan inventarisasi di kawasan yang telah dideliniasi. Selanjutnya untuk mengetahui tingkat pemanfaatan potensi jasa lingkungan kawasan karst Ngalau Anak Aia Ilang dilakukannya penyebaran kuisioner kepada masyarakat Korong Sakayan. Selanjutnya akan dianalisis menggunakan deskriptif persentase. Potensi yang ada di kawasan karst ngalau anak aia ilang meliputi potensi hidrologi, potensi tutupan lahan, potensi dari keelokan bentang alamnya, potensi sebagai ilmu pengetahuan, potensi sebagai objek lingkungan. Pemanfaatan yang dapat dilakukan di kawasan karst ngalau anak aia ilang yaitu potensi hidrologinya bisa dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan air sehari-hari, potensi tutupan lahannya dimanfaatkan untuk lahan pertanian dan perkebunan, potensi pada keelokan bentang alamnya yang dapat dijadikan objek wisata alam, potensi sebagai ilmu pengetahuan yang dijadikan sarana edukasi serta potensi sebagai objek lingkungan yang mempengaruhi mata pencarian masyarakat disana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat pemanfaatan jasa lingkungan karst ngalau (gua) anak aia ilang dalam kondisi sedang dilihat dari pemanfaatan yang cukup optimal pada sumber daya alam namun dalam pemanfaatannya di segi ilmu pengetahuan, objek lingkungan serta sebagai habitat fauna dan flora tidak begitu termanfaatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEdial, HelfaUNSPECIFIED
CorrectorMariya, SriUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: JASA LINGKUNGAN
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Mar 2023 04:38
Last Modified: 01 Mar 2023 04:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42498

Actions (login required)

View Item View Item