Korelasi Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Pariaman

Fadila, Fani Irza (2022) Korelasi Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_FANI_IRZA_FADILA_18016097_3128.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pariaman. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pariaman. Ketiga, menganalisis korelasi antara penguasaan kosakata dan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 121 siswa yang tersebar di enam kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 orang. Sampel penelitian diambil sebesar 25% menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif penguasaan kosakata dan tes unjuk kerja keterampilan menulis teks prosedur. Hasil penelitian ini ada tiga sebagai berikut. Pertama, penguasaan kosakata siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pariaman berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata hitung75,37. Kedua, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pariaman berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 81,53. Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan antara penguasaan kosakata dan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pariaman dengan nilai rhitung0,526 > rtabel 0,361 dengan derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. H0 ditolak dan H1 diterima karena thitung(3,532) lebih besar daripada ttabel (1,697). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata berkorelasi positif dengan keterampilan menulis teks prosedur. Artinya, semakin tinggi tingkat penguasaan kosakata, akan semakin tinggi pula tingkat keterampilan menulis teks prosedur siswa. Jadi, jika guru ingin meningkatkan keterampilan menulis siswa, guru harus melatih siswa untuk meningkatkan penguasaan kosakatanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEmidar, EmidarUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorHafrison, HafrisonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kosakata
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 01 Mar 2023 04:31
Last Modified: 01 Mar 2023 04:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42494

Actions (login required)

View Item View Item