Analisis Kualitas Pembelajaran Kewirausahaan dengan Pendekatan SEEQ (Student’ Evaluation of Educational Quality) di SMK Negeri 5 Padang

Abeng, Tanri (2022) Analisis Kualitas Pembelajaran Kewirausahaan dengan Pendekatan SEEQ (Student’ Evaluation of Educational Quality) di SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_TANRI_ABENG_16053029_7730_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pembelajaran kewirausahaan dengan pendekatan SEEQ (Student’ Evaluation of Educational Quality). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII SMK Negeri 5 Padang pada mata pelajaran PKK (Produk Kreatif Kewirausahaan). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Negeri 5 Padang. Teknik penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel 180 responden, kemudian sampel diambil dengan teknik insidental sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner. Instrumen penelitian ini adalah instrumen SEEQ yang saat diberikan kepada responden diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan penilaian siswa terhadap kualitas pembelajaran kewirausahaan mendapatkan penilaian baik dengan rata-rata skor 4,76 dari 6 skala maksimal dan TCR 79,37% dari 100% presentase maksimal. Ini artinya kualitas pembelajaran kewirausahaan masih perlu ditingkatkan. Kelemahan dari penilaian yang dilakukan ini adalah masih menilai proses pembelajaran kewirausahaan dan belum secara jelas menggali aspek hasil ataupun outcome.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKurniawati, TriUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorMarna, Jean ElikalUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:24
Last Modified: 01 Mar 2023 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42485

Actions (login required)

View Item View Item