Proses Pembentukan dan Makna Verba Resiprokal Bahasa Indonesia: Studi Kasus dalam Teks Berita Surar Kabar Harian Singgalang.

Arieska, Cindy (2022) Proses Pembentukan dan Makna Verba Resiprokal Bahasa Indonesia: Studi Kasus dalam Teks Berita Surar Kabar Harian Singgalang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_CINDY_ARIESKA_18017095_3610.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan proses pembentukan verba resiprokal dalam teks berita pada Surat Kabar Harian Singgalang edisi Oktober 2021-Maret 2022, (2) mendeskripsikan makna verba resiprokal dalam teks berita pada Surat Kabar Harian Singgalang edisi September 2021-Agustus 2022. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa kalimat yang mengandung verba resiprokal dalam teks berita surat kabar Harian Singgalang. Sumber penelitian ini adalah surat kabar Harian Singgalang yang diterbitkan pada bulan September 2021- Agustus 2022. Intrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan intrumen lain, yaitu lembar teks berita surat kabar Harian Singgalang, alat tulis, laptop, dan lembar pencatatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode simak dengan teknik lanjutan metode simak bebas libat cakap dengan teknik catat. Data dianalisis dengan tiga langkah yaitu, menyimak dan mengamati, menandai, dan mengiventarisasi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat dua temuan penelitian. Pertama, proses pembentukan verba resiprokal ditemukan melalui afiksasi, reduplikasi, dan komposisi. Afiksasi lima bentuk yaitu ber- + verba dasar, ber- + verba dasar + - an, saling me- + verba dasar, saling me- + verba dasar + -an, dan saling meN- + verba dasar + -i. Reduplikasi tiga bentuk yaitu ber- + reduplikasi verba dasar + - an, verba dasar1 + me + verba dasar2, dan ber- + reduplikasi verba dasar. Komposisi dua bentuk yaitu morfem saling + verba dasar dan morfem baku + verba dasar. Kedua, makna verba resiprokal yaitu makna tindakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLiusti, Siti AinimUNSPECIFIED
CorrectorAgustina, AgustinaUNSPECIFIED
CorrectorManaf, Ngusman AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:48
Last Modified: 01 Mar 2023 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42480

Actions (login required)

View Item View Item