Problematika Layanan Perpustakaan Keliling di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman di Masa Pandemi Covid-19.

Femalinda, Atika Hayati (2022) Problematika Layanan Perpustakaan Keliling di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_ATIKA_HAYATI_FEMALINDA_18234068_2183.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika layanan perpustakaan keliling Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman di masa pandemi covid-19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tedapat dua informan dalam penelitian ini yaitu informan utama dan informan sekunder. Informan utama dalam penelitian ini berjumlah lima orang dengan rincian, dua orang pustakawan, Kepala Seksi layanan perpustakaan keliling, kepala bidang perpustakaan, dan sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengabsahan yang meliputi perpanjang keikut sertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa akibat dari adanya pandemi covid-19 perpustakaan keliling tidak dapat beroperasi sebagai mana mestinya sehingga terdapat beberapa kebijakan baru yang mengubah pelayanan perpustakaan keliling yaitu: 1) layanan perpustakaan keliling tidak lagi melakukan kunjungan ke nagari dan saat ini perpustakaan keliling hanya pergi ke sekolah sebagai fokus pelayananya, 2) koleksi perpustakaan keliling tidak lagi dapat dipinjamkan melainkan pemustaka hanya dapat membaca koleksi di tempat saja, dan 3) tidak adanya perkembangan dalam pelaksanaan layanan perpustakaan keliling di masa kenormalan baru, pelaksanaan layanan perpustakaan keliling masih melakukan pelayanan seperti saat adanya pandemi. Akibat dari adanya problematika yang terjadi di perpustakaan keliling maka perlu adanya solusi dari problematika yang terjadi pada layanan perpustakaan keliling di masa pandemi dan kenormalan baru, yaitu: 1) mengadakan kembali pelayanan perpustakaan keliling ke nagari-nagari, 2) melakukan inklusi sosial, dan 3) melakukan perubahan dalam koleksi perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorAnggraini, DewiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan Perpustakaan Keliling
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 28 Feb 2023 06:42
Last Modified: 28 Feb 2023 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42467

Actions (login required)

View Item View Item