Pengembangan Venngage Berbasis media Timeline untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa

Hisyam, M. Habib Al (2022) Pengembangan Venngage Berbasis media Timeline untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_M_HABIB_AL_HISYAM_17046163_6065_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan peserta didik yang kemampuan berpikir kronologisnya masih rendah. Seringkali peserta didik terjebak dalam permasalahan \mengurutkan waktu terjadinya peristiwa sejarah. Permasalahan itu diketahui dari hasil wawancara terhadap guru pengujian kemampuan berpikir kronolologis siswa yang dilakukan dengan cara pemberian 10 butir soal dan hasilnya menunjukkan siswa masih kurang tepat dalam menjawabnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa Venngage berbasis media Timeline untuk meningkatkan kemampuan berpikir kronologisyang layak digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development), dengan menggunakan prosedur model ADDIE. Tahapan pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Namun dalam penelitian ini, peneliti membatasi tahap penelitian pengembangan model ADDIE yang dilakukan sampai implementasi. Tahap-tahap yang dilakukan untuk menghasilkan media Timeline sebagai berikut; (a) analysis, mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran sejarah di sekolah, setelah masalah dianalisis dicarikan solusi dari masalah tersebut. (b) tahap design, mengumpulkan sumber dan materi mengenai masa pendudukan jepang di Indonesia termasuk mengumpulkan gambar yang sesuai untuk media (c) tahap develop, melakukan uji validasi untuk melihat kelayakan Venngage berbasis media Timelineyang melibatkan ahli berpikir kronologis, ahli materidan ahli media. Berdasarkan hasil uji kelayakan oleh validator dilihat dari tingkat capaian analisis berpikir kronologispada Timeline yang terdapat pada angket adalah 93% , artinya analisis berpikir kronologipada Timeline yang dibuat dikategorikan sangat layak. Lalu tingkatan pencapain dari uji kelayan media adalah 80% sedangkan hasil uji kelayakan oleh validator dilihat dari tingkat capaian kelayakan materi yang terdapat pada angket adalah 92%, artinya langkah materi dalam media Timeline dikatogorikan sangat layak. Hasil analisis praktikalitas media Timeline yang dilakukan oleh siswa dengan rata rata 3,63 masukkategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOfianto, OfiantoUNSPECIFIED
CorrectorYefterson, Ridho BayuUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA TIMELINE, PEMBELAJARAN SEJARAH
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Feb 2023 07:48
Last Modified: 27 Feb 2023 07:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42438

Actions (login required)

View Item View Item