Pengembangan Model Project Based Learning (PBL) dengan Menggunakan Pendekatan Flip Classroom pada Perkuliahan Menggambar di Perguruan Tinggi

Mayar, Farida and Putra, Febri Wandha and Monia, Fenny Ayu (2022) Pengembangan Model Project Based Learning (PBL) dengan Menggunakan Pendekatan Flip Classroom pada Perkuliahan Menggambar di Perguruan Tinggi. Technical Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
FARIDA_MAYAR_Laporan_Riset_Keilmuan_OK.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena yang terjadi selama pembelajaran daring, dimana mulai menurunnya motivasi belajar mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan menggambar, hal ini disebakan karena metode mengajar yang digunakan oleh dosen kurang sesuai digunakan pada saat pembelajaran daring sekarang. Berdasarkan fenomena tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model Project Based Learning dengan pendekatan Flipped Classroom. Urgensi penelitian ini adalah untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait Merdeka Belajar Kampus Merdeka serta untuk mewujudukan peta jalan Pendidikan Indonesia 2020-2025 yang ingin menghasilkan lulusan yang kreatif, inovatif dan mandiri melalui pembekalan pendidikan seumur hidup dan kewirausahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Hasil luaran dari penelitian ini adalah berupa buku ajar untuk perkuliahan menggambar di Perguruan Tinggi, artikel yang terbit di jurnal bereputasi baik Nasional maupun Internasional, artikel yang terbit pada surat kabar, serta hasil penelitian ini akan disampaikan pada seminar Nasional ataupun Internasional. Penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dengan flipped classroom diharapkan mampu memberi dampak positif terhadap pemahaman mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang sedang menempuh mata kuliah Menggambar Bebas. Prosedur penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yang meliputi analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation).Hasil penerapanmodel pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan Flipped Classroom menunjukkan adanya respon positif dari mahasiswa sebagai pengguna dan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi yang dipelajari dalam kategori baik.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 27 Feb 2023 05:10
Last Modified: 07 Mar 2023 01:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42436

Actions (login required)

View Item View Item