Pemanfaatan Citra Landsat Untuk Memprediksi Persebaran Permukiman Kumuh Menggunakan Metode Land Change Modeller ( LCM ) di Kabupaten Agam

Faridzi, Kemal al (2022) Pemanfaatan Citra Landsat Untuk Memprediksi Persebaran Permukiman Kumuh Menggunakan Metode Land Change Modeller ( LCM ) di Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_KEMAL_AL_FARIDZI_18331041_6141_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wilayah permukiman kumuh dan prediksi permukiman kumuh di tahun 2027 di kabupaten agam. Penelitian ini menggunakan metode interpretasi citra dan cellular automata markov chain. Interpretasi citra merupakan kegiatan mengkaji citra yang bertujuan untuk menganalisis objek dan menentukan arti pentingya objek tersebut, sedangka cellular automata (ca) markov chain adalah sebuah model dinamis yang digunakan untuk simulasi spasial pada waktu yang ditentukan yaitu tahun 2027. Pola permukiman kumuh di kabupaten agam pada tahun 2015 berbentuk cluster/mengelompok dengan nilai z-score -2,46 dan sekitar 5% berpeluang menjadi pola random/acak namun, pada tahun 2021 pola permukiman kumuh berubah menjadi random/acak dengan nilai z-score -1,44 karena terjadi pengurangan kawasan permukiman kumuh di beberapa lokasi. Prediksi perkembangan permukiman kumuh berpotensi bertambah 3 kecamatan di kabupaten agam yaitu bertambah di kecamatan lubuk basung di nagari kampung pinang, kecamatan iv angkek di nagari biaro gadang dan di kecamatan tanjung mutiara nagari tiku selatan, perkembangan permukiman kumuh ini bertambah karena faktor segi lingkungan yang kurang bersih dan kondisi bangunan, jalan, dan drainase yang kurang memadai dan tidak sesuai dengan peruntukan peratutan menteri perencanaan umum dan perumahan rakyat no 2 tahun 2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRamadhan, RiskyUNSPECIFIED
CorrectorAntomi, YudiUNSPECIFIED
CorrectorSyahar, FitrianaUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDFatimah, SitiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CITRA LANDSAT, CELLULAR AUTOMATA MARKOV CHAIN, PERMUKIMAN KUMUH
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Feb 2023 07:01
Last Modified: 27 Feb 2023 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42433

Actions (login required)

View Item View Item