Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Suku Duano di Kelurahan Tanjung Solok Kabupaten Tanjung Jabung Timur Tahun 2012-2020

Sapitri, Iza (2022) Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Suku Duano di Kelurahan Tanjung Solok Kabupaten Tanjung Jabung Timur Tahun 2012-2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_IZA_SAPITRI_18046048_5376_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang “Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Suku Duano Di Kelurahan Tanjung Solok Kabupaten Tanjung Jabung Timur Tahun 2012-2020”. Permasalahan yang di rumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana kondisi sosial ekonomi masyarakat suku Duano di kelurahan Tanjung Solok dari tahun 2012-2020, (2) Bagaimana peran pemerintah dalam memajukan perekonomian masyarakat Suku Duano 2012-2020. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kondisi sosial ekonomi masyarakat Suku Duano dan sejauh mana peran pemerintah dalam memajukan perekonomian masyarakat Suku Duano. Penelitian ini termasuk dalam penelitian sejarah dengan metode penelitiannya sebagai berikut: (1) Heuristik yaitu kegiatan untuk mengumpulkan atau mencari sumber-sumber yang berhubungan dengan permasalahan, sumber ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer dapat diperoleh melalui sumber lisan, yaitu informan yang terdiri dari Lurah Tanjung Solok dan masyarakat Suku Duano, sedangkan sumber tertulis yaitu berupa arsip, skripsi, jurnal dan artikel yang relevan dengan kajian penelitian. Selain itu juga dilakukan metode observasi yaitu dengan melalukan pengamatan lapangan dengan melihat gambaran kehidupan sosial ekonomi Suku Duano (2) Kritik Sumber, (3) Interpretasi, dan (4) Historiografi, yaitu penulisan dari fakta-fakta yang dirangkai sehingga mengasilkan sebuah karya sejarah. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) masyarakat Suku Duano merupakan masyarakat yang hidupnya bergantung pada alam. Masyarakat Suku Duano biasanya tinggal didaerah pesisir sehingga mata pencaharian mereka sebagai nelayan. Dalam berinteraksi masyarakat Suku Duano menggunakan bahasa Melayu sebagai mayoritas yang digunakan di Kelurahan Tanjung Solok. Tradisi unik yang dimiliki Suku Duano adalah menangkap atau memutik sumbun. (2) ada beberapa upaya pemerintah dalam memajukan perekonomian masyarakat Suku Duano seperti Program Samudra dan Program Lima Tahun, bantuan yang diberikan seperti, bedah rumah, pompong atau ketek, dan alat tangkap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRusdi, RusdiUNSPECIFIED
CorrectorNaldi, HendraUNSPECIFIED
CorrectorHardi, EtmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SUKU DUANO, SOSIAL-EKONOMI
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Feb 2023 04:08
Last Modified: 27 Feb 2023 04:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42432

Actions (login required)

View Item View Item