Tinjauan Kualitas Pelayanan pada Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Konvensional Padang dalam Rangka Meningkatkan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor

Aulia, Felix (2022) Tinjauan Kualitas Pelayanan pada Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Konvensional Padang dalam Rangka Meningkatkan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B_1_07_FELIX_AULIA_18233032_3000_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tinjauan kualitas pelayanan pada sistem administrasi manunggal satu atap (SAMSAT) Konvensional Padang dalam rangka meningkatkan penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor. Penelitian ini dilakukan di Kantor SAMSAT Kota Padang yang beralamat di Jl. Asahan No. 2 Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang melalui pengisian kusioner. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder.Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) di kantor SAMSAT Padang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Metode penentuan sampel dengan teknik probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif yaitu bersifat penjelasan dengan uraian yang menggunakan tabel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui tingkat kualitas pelayanan di SAMSAT Padang menurut responden mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,02 dan TCR 80,48% masuk dalam kategori baik, artinya responden atau wajib pajak mempresepsikan kualitas pelayanan SAMSAT Padang sudah baik, tetapi belum optimal dan perlu ditingkatkan. Hal ini ditandai dengan Tingkat Capaian Responden indikator pertama bukti nyata (tangibles) 80,88%, indikator kedua keandalan (reliability) 77,4%, indikator ketiga daya tanggap (responsiveness) 81,04%, indikator keempat jaminan (assurance) 82,6%, indikator kelima empati (empathy) 80,56%. Dengan TCR tertinggi oleh indikator keempat jaminan (assurance) 82,6% dan TCR terendah oleh indikator kedua keandalan (reliability) 77,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YukiUNSPECIFIED
CorrectorZona, Mega AsriUNSPECIFIED
CorrectorZulfia, YolandafitriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Wajib Pajak, Pajak Kendaraan Bermotor
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perdagangan - D3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:56
Last Modified: 23 Feb 2023 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42386

Actions (login required)

View Item View Item