Strategi Advokasi Lembaga Bantuan Hukum YLBHI Padang dalam Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di Bukit Kili-Gunung Talang Kabupaten Solok

Halawa, Historis Soterman (2022) Strategi Advokasi Lembaga Bantuan Hukum YLBHI Padang dalam Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di Bukit Kili-Gunung Talang Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_HISTORIS_SOTERMAN_HALAWA_17042109_7221_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penolakan masyarakat Salingka Gunung Talang terhadap rencana pembangunan PLTP Bukit Kili-Gunung Talang, Kabupaten Solok. Oleh karena adanya penolakan tersebut, Lembaga Bantuan Hukum YLBHI Padang melakukan advokasi kebijakan terhadap penolakan masyarakat terkait pembangunan PLTP yang digarap oleh konsorsium PT Hitay Daya Energy tersebut. Adapun dasar hukum yang melandasi dibangunnya PLTP Bukit Kili-Gunung Talang tersebut adalah Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2014 Tentang Panas Bumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi advokasi yang dilakukan oleh LBH YLBHI Padang dalam pembangunan PLTP Bukit Kili-Gunung Talang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif dan penelitian ini dilakukan di Kantor Lembaga Bantuan Hukum YLBHI Padang. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi, selain itu penelitian ini diuji dengan teknik triangulasi sumber. Penentuan informan dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini menggunakan strategi advokasi kebijakan, yaitu memahami isu strategis, membangun opini dan fakta ke publik, membangun jejaring koalisi dengan masyarakat sipil, merancang sasaran dan strategi, mempengaruhi kebijakan dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Advokasi Kebijakan Lembaga Bantuan Hukum YLBHI Padang sudah cukup berhasil meskipun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lagi, seperti adanya hoax yang muncul seputar isu panas bumi. Dapat diketahui juga sejauh mana efektivitas advokasi yang dilakukan oleh LBH YLBHI Padang yaitu dengan dibatalkannya kegiatan eksplorasi panas bumi, meningkatnya modal sosial di masyarakat dan terbentuknya aliansi masyarakat sipil Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhaidir, AfrivaUNSPECIFIED
CorrectorFrinaldi, AldriUNSPECIFIED
CorrectorMubarak, AdilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ADVOKASI KEBIJAKAN PUBLIK
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Feb 2023 04:09
Last Modified: 22 Feb 2023 04:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42374

Actions (login required)

View Item View Item