Penggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Sosiologi Kelas X SMA Pembangunan Loboratorium UNP

Putra, Hafizh Syahli (2022) Penggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Sosiologi Kelas X SMA Pembangunan Loboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_HAFIZH_SYAHLI_PUTRA_18058199_4806_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS 3 SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Berdasarkan hal tersebut makal diperlukan modeltl pembelajaran yangtl inovatiftl dan kreatif agartl dapat meningkatkantl cara berpikirl siswatl sehinggatl mendorong siswatl untuktl berpikir tlkritis yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Probing Prompting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhtl model Probingtl Prompting terhadaptl kemampuan berpikirtl kritis siswatl kelastl X padatl pembelajaran Sosiologi ditl SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dilaksanakan dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teori yang cocok untuk penelitian ini yaitu teori kognitif Ausubel. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti di SMA Pembangunan Laboratorium UNP menunjukan hasil presentase pada siklus 1 sebesar 41,32% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 70,00% dari hasil kedua siklus ini presentase pada indikator menyimpulkan memiliki interpretasi yang lebih tinggi dibanding indikator lainya. Oleh karena itu penggunaan model pembelajaran probing promting ini dapat menjawab permasalahan penelitian ini dalam meningkatkan berfikir krtitis siswa kelas X IPS 3 SMA Pembangunan Laboratorium UNP tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorsylivia, IkeUNSPECIFIED
CorrectorJunaidi, JunaidiUNSPECIFIED
CorrectorNurlizawati, NurlizawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, PROBING PROMPTING
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Feb 2023 04:09
Last Modified: 22 Feb 2023 04:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42360

Actions (login required)

View Item View Item