Efektivitas Penggunaan E-Modul Larutan Penyangga Berbasis Inkuiri Terbimbing dilengkapi Video Praktikum terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI

Sarumaha, Dinar Rosanti (2022) Efektivitas Penggunaan E-Modul Larutan Penyangga Berbasis Inkuiri Terbimbing dilengkapi Video Praktikum terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_DINAR_ROSANTI_SARUMAHA_17035132_2063_2022.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari pengembangan e-modul larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing yang telah diuji validitas dan praktikalitas, namun belum diuji efektivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan e-modul larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi video praktikum terhadap hasil belajar siswa SMA kelas XI. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Pulau-pulau Batu dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel yakni sampling jenuh, dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa butiran soal-saol tes dalam bentuk pilihan berganda dengan validitas, reliabilitas, indeks kesukaran soal dan daya pembeda soal yang telah diuji dan memiliki kriteria baik. Tingkat efektivitas e-modul berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi video praktikum diketahui melalui uji N-Gain. Hasil analisis N-Gain kelas sampel diperoleh yakni nilai g = 0,55 dengan kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-modul larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi video praktikum efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorAzhar, MindaUNSPECIFIED
CorrectorEffendi, EffendiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:18
Last Modified: 21 Feb 2023 07:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42356

Actions (login required)

View Item View Item