Peran Parenting dalam Pendidikan Anak di SD Percobaan Kota Padang

Maza. R, Difri (2022) Peran Parenting dalam Pendidikan Anak di SD Percobaan Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_DIFRI_MAZA_R_15058015_5570_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas kegiatan yang dilakukan di sekolah yaitu peran parenting dalam pendidikan anak di SD Negeri Percobaan Kota Padang, di mana sekolah ini melaksanakn kegiatan parenting lebih aktif dari sekolah dasar lainnya, sekolah meningkatkan kompetensi pendidikan anak dengan melaksanakan kegiatan parenting sebagai kegiatan yang menarik, mudah, dan proses tumbuh perkembangan pendidikan anak di sekolah melalui peran dari parenting Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teoriaksi yang dijelaskan oleh Talcott Parsons. Asumsi dasar dari teoriaksi yaitu tindakan manusia muncul dari situasi eksternal dalam posisinya sebagai objek. Sebagai objek manusia bertindak untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Dalam bertindak manusia menggunakan cara, teknik, prosedur, metodesertaperangkat yang diperkirakan cocok untuk mencapai tujuan tersebut. Sejalan dengan teori tersebut memiliki tindakan peranan yang cukup penting untuk mempertahankan sebuah faktasosial atau otoritas, personalitas atau tipe ideal, dan karakter social dalam kehidupan bermasyarakat. Dilihat relevansinya dari peran parenting yang diteliti terlihat bahwa peran parenting dalam pendidikan anak di SD Negeri Percobaan Kota Padang bertujuan agar menyamakan pemikiran dengan pihak sekolah untuk mengwujudkan tujuan pendidikan sesuai dengan visi dan misi sekolah. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif analisis. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Informan dalam penelitian berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan purposive sampling (berdasarkan pertimbangan tertentu) validasi data mengunakan teknik triangulasi wawancara, dan studi yang dilakukan di SD Percobaan Kota Padang. Teknikanalisi data merujukpada model analisiskualitatif Miles dan Huberman (pengumpulan data, reduksi data, display data, danpenarikankesimpulan). Temuan di lapangan bahwa peran parenting dalam pendidikan anak di SD Percobaa Kota Padang adalah: 1) peran parenting sebagai pembentukan karakter anak, guru dan orang tua murid bekerja sama dengan mengunakan kegiatan parenting berperan membentuk karakter anak dalam pendidikan, 2) peran parenting sebagai menyalurkan bakat anak, dengan kegiatan parenting ini pengembangkan bakat anak dibidang yang mereka suka, 3) peran parenting sebagai berwirausaha, peran parenting membuat anak bisa berinteraksi dengan baik dengan orang lain

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErianjoni, ErianjoniUNSPECIFIED
CorrectorSyafrini, DelmiraUNSPECIFIED
CorrectorHasmira, Mira HastiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN ANAK
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Feb 2023 01:58
Last Modified: 21 Feb 2023 01:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42341

Actions (login required)

View Item View Item