Kebertahanan Keluarga dengan Perkawinan Amalgamasi (Studi Kasus: 6 KeluargaEtnis Melayu dan Jawa di Kelurahan Tanjung Uma Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam

Permata, Bunga Dinda (2022) Kebertahanan Keluarga dengan Perkawinan Amalgamasi (Studi Kasus: 6 KeluargaEtnis Melayu dan Jawa di Kelurahan Tanjung Uma Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_BUNGA_DINDA_PERMATA_18058134_4715_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor yang mendukung kebertahanan keluarga dengan perkawinan amalgamasi etnis Melayu dan Jawa di Kelurahan Tanjung Uma Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam. Hal ini menarik untuk dikaji karena pada perkawinan amalgamasi (selain etnis Melayu dan Jawa) rentan terhadap konflik dan perceraian karena adanya perbedaan budaya seperti nilai, adat-istidat, keyakinan, tradisi, gaya hidup dan perilaku pada masing-masing anggota keluarga. Namun fakta berbeda ditemukan pada perkawinan amalgamasi etnis Melayu dan Jawadi Kelurahan Tanjung Uma, yang tetap dalam mempertahankan perkawinan mereka. Adapun teori untuk menganalisis penelitian ini yaitu teori struktural fungsional oleh Talcott Parsons dalam konsep AGIL.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan tipe penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di Kelurahan Tanjung Uma Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan 18 orang informan. Pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen yang dianalisis dengan mengacu pada teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukan bahwa faktor yang mendukung kebertahanan keluarga dengan perkawinan amalgamasi etnis Melayu dan Jawa di Kelurahan Tanjung Uma yaitu pertama, Adaptasi antarbudaya etnis Melayu dan Jawa yang sudah berlagsung lama. Kedua, Tingginya toleransi perbedaan budaya pasangan. Ketiga, Faktor agama: kesamaan dalam berkeyakinan. Keempat, Komitmen antara pasangan perkawinan amalgamasi etnis Melayu dan Jawa.Kelima, Lamanya usia perkawinan. Keenam, Dukungan sosial dari orang tuadan anak pasangan perkawinan amalgamasi etnis Melayu dan Jawa di Kelurahan Tanjung Uma.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafriani, DelmiraUNSPECIFIED
CorrectorAmri, EmizalUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERKAWINAN AMALGAMASI, ETNIS MELAYU DAN JAWA
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Feb 2023 06:56
Last Modified: 20 Feb 2023 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42331

Actions (login required)

View Item View Item