Pengendalian Represif Oleh Keluarga Pada Pelaku Penyalahgunaan Narkoba. (Studi Kasus : 6 Keluarga Remaja Pelaku Penyalahgunaan Narkoba Jenis Sabu-sabu di Kenagarian Koto Tangah Batu Ampa Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50 Kota)

Maireza, Ayu (2022) Pengendalian Represif Oleh Keluarga Pada Pelaku Penyalahgunaan Narkoba. (Studi Kasus : 6 Keluarga Remaja Pelaku Penyalahgunaan Narkoba Jenis Sabu-sabu di Kenagarian Koto Tangah Batu Ampa Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50 Kota). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_AYU_MAIREZA_18058133_7776_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengendalian represif oleh keluarga pada pelaku penyalahgunaan Narkoba. Objek dari penelitian ini adalah remaja di Kenagarian Koto Tangah Batu Ampa Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50 Kota. Berdasarkan data ditemukan Remaja di Kenagarian Koto Tangah Batu Ampa Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50 Kota banyak terlibat dalam pemakaian Narkoba Khususnya jenis sabu-sabu, beberapa pernah di rehabilitasi dan dikembalikan kepada keluarga. Masalahnya adalah rehabilitasi belum tentu memberikan efek jera kepada remaja untuk tidak mengulangi kesalahan kedua kalinya karena Narkoba itu meninggalkan kecanduan bagi penggunanya. Oleh karena itu, penting pengendalian represif oleh keluarga kepada remaja, penelitian ini beranjak dari cara berfikir tersebut. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah teori kontrol sosial oleh Travis Hirschi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik dalam pemilihan informan adalah purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 8 orang informan. Pengumpulan data dengan cara observasi,wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Lokasi penelitian dilakukan di Kenagarian Koto Tangah Batu Ampa Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50 Kota. Hasil analisis menunjukan bentuk-bentuk pengendalian represif oleh keluarga pada pelaku penyalahgunaan Narkoba jenis sabu-sabu di kalangan remaja, yaitu pertama teguran, kedua pengawasan ketat, ketiga intimidasi, keempat pemberian sanksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, Eka VidyaUNSPECIFIED
CorrectorIkhwan, IkhwanUNSPECIFIED
CorrectorSyafriani, DelmiraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENYALAHGUNAAN NARKOBA, PENGENDALIAN REPRESIF
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Feb 2023 06:55
Last Modified: 20 Feb 2023 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42330

Actions (login required)

View Item View Item