Motif Orang Tua Memasukan Anak Perempuan Ikut Serta dalam BelaDiri Pencak Silat Silaturahmi di Kalumbuk Kecamatan Kuranji

Putri, Atika Firma Dwi (2022) Motif Orang Tua Memasukan Anak Perempuan Ikut Serta dalam BelaDiri Pencak Silat Silaturahmi di Kalumbuk Kecamatan Kuranji. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_ATIKA_FIRMA_DWI_PUTRI_16058068_4206_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini ialah orang tua atau ibu dan ayah memegang peranan yang penting dan amat berpengaruh atas pendidikan anak-anaknya. Pedidikan orang tua terhadap anaknya adalah pendidikan yang didasarkan pada rasa kasih sayang terhadap anak yang diterimanya dari kodrat. Jadi dapat dipahami bahwa orang tua adalah yang bertanggung jawab atas segala aspek kehidupannya sejak anak masih kecil hingga mereka dewasa. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi oleh Alfred Schutz dimana memusatkan perhatiannya terhadap satu bentuk dari subyektivitas, konsep ini menunjukan kepada dimensi dari kesadaran umum ke kesadaran khusus kelompok yang sedang saling berintegrasi. Menurut schutz, tindakan manusia menjadi suatu hubungan sosial apabila manusia memberikan makna tertentu terhadap tindakannya itu dan manusia lain memahami pula tindakanya itu sebagai sesuatu yang penuh arti. Teori ini dipilih karena sesuai untuk menganalisis temuan atau hasil dari penelitian ini. Adapun temuan di lapangan mengenai motif orang tua memasukan anak perempuan ikut serta dalam beladiri pencak silat yaitu motif internal dan motif eksternal, motif inilah yang mempengaruhi para orang tua yng sangat antusias mengantarkan anak gadisnya ikut bela diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, informan di penelitian ini dipilih dengan menentukan kriterian informan yang di sebut dengan puposive sampling, dalam artian peneliti menentukan informan sesuai dengan topik penelitian dengan jumlah informan 13 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis interaktif Miles, dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan selama berada di lapangan maka dapat peneliti tarik kesimpulan bahwa ada beberapa motif internal 1) melindungi diri, 2)kesuksesan dibidang atlet, 3)melestarikan budaya. Motif eksternal 1)ajakan teman atau tetangga, 2)sosial media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMardhiah, DesyUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Eka VidyaUNSPECIFIED
CorrectorFitriani, ErdaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENCAK SILAT PEREMPUAN
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Feb 2023 06:55
Last Modified: 20 Feb 2023 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42329

Actions (login required)

View Item View Item