Kehidupan Sosial Ekonomi Pengusaha Industri Rumah Tangga Gula Enau (Aren) di Nagari Andaleh Baruh Bukik Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar (1998-2020)

Winona, Alya Yukha (2022) Kehidupan Sosial Ekonomi Pengusaha Industri Rumah Tangga Gula Enau (Aren) di Nagari Andaleh Baruh Bukik Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar (1998-2020). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_ALYA_YUKHA_WINONA_18046003_5256_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah kajian mengenai Kehidupan Sosial Ekonomi Pengusaha Industri Rumah Tangga Gula Enau (Aren) yang berada di Nagari Andaleh Baruh Bukik Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar Tahun 1998-2020. Permasalahan yang dirumuskan yaitu : “Bagaimana perkembangan industri rumah tangga gula enau (aren) di Nagari Andaleh Baruh Bukik tahun 1998-2020, Bagaimana dampak produksi industri rumah tangga gula enau (aren) terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat di Nagari Andaleh Baruh Bukik.” Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui perkembangan industri rumah tangga gula enau (aren) di Nagari Andaleh Baruh Bukik tahun 1998-2020, dan dampak produksi industri rumah tangga gula enau (aren) di Nagari Andaleh Baruh Bukik tahun 1998-2020. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode sejarah dengan empat tahap metode penelitian yaitu: heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Pertama heuristik adalah tahapan kegiatan mengumpulkan sumber-sumber yang berhubungan dengan permasalahan, sumber ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer ditelusuri di lembaga-lembaga dan instansi yang terkait dengan tema penulisan skripsi yaitu berupa arsip dan dokumen. Sumber sekunder adalah sumber sejarah yang keterangannya diperoleh dari orang lain berupa wawancara disertai studi lapangan. Kedua kritik sumber meliputi kritik internal dan kritik eksternal untuk menguji keaslian (otentisitas) dan kebenaran (kredibilitas) sumber-sumber sejarah dan mengembalikan sejauh mungkin pada bentuk aslinya dan nilai pembuktian yang sebenarnya. Ketiga interpretasi merupakan usaha menghubungkan dan mengaitkan kaitan fakta-fakta sehingga menghasilkan suatu kesatuan yang bermakna. Keempat historiografi yaitu menguraikan hasil penelitian berupa karya ilmiah yaitu skripsi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kehidupan sosial ekonomi pengusaha industri rumah tangga gula enau (aren) di Nagari Andaleh Baruh Bukik tahun 1998-2020 mengalami perkembangan yang berarti, hal tersebut dapat dilihat dari harga, produksi dan nilai gula enau (aren) dari tahun 1998-2020 mengalami kenaikan dan penurunan salah satunya disebabkan oleh adanya isu mengenai gula enau (aren) oplosan. Serta tahun 2020 adanya industri rumah tangga gula enau (aren) di Nagari Andaleh Baruh Bukik sudah melakukan izin P-IRT dan pemberian merk produksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRusdi, RusdiUNSPECIFIED
CorrectorHardi, EtmiUNSPECIFIED
CorrectorAsri, ZulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: INDUSTRI RUMAH TANGGA, KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Feb 2023 04:10
Last Modified: 17 Feb 2023 04:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42315

Actions (login required)

View Item View Item