Strategi Guru dalam Pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Geografi Kelas Xi IPS di MAN 1 Kerinci dan SMAN 6 Kerinci

Santika, Akila Afra (2022) Strategi Guru dalam Pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Geografi Kelas Xi IPS di MAN 1 Kerinci dan SMAN 6 Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_AKILA_AFRA_SANTIKA_18045036_5885_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran Geografi dalam pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) di masa pandemi covid-19 kelas XI IPS di MAN 1 Kerinci dan SMAN 6 Kerinci, 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS di MAN 1 Kerinci dan SMAN 6 Kerinci, 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana kendala yang dihadapi oleh guru mata pelajaran Geografi dalam menjalankan strategi pembelajaran untuk pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) di masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS di MAN 1 Kerinci dan SMAN 6 Kerinci. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS MAN 1 Kerinci dan SMAN 6 Kerinci. Hasil penelitian ini berguna bagi guru, siswa dan sekolah dalam mencapai KKM peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran: a) kegiatan pendahuluan: guru membuat RPP untuk satu semester. Kegiatan pra-pembelajaran dilakukan dg pre-test dalam bentuk tanya jawab. b) penyampaian informasi: metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode ceramah dan metode tanya jawab. Media yang digunakan yaitu lisan guru, gambar, buku pelajaran, dan video. c) Partisipasi peserta didik, interaksi siswa dengan guru pola interaksi satu arah dan dua arah, sedangkan interaksi sesama siswa terjadi saat menggunakan metode tanya jawab dan metode game. d) Tes: bentuk tes yang digunakan guru untuk melakukan penilaian berupa essay. e) kegiatan lanjutan: siswa yang nilainya belum mencapai KKM melakukan kegiatan remedial. 2) dari total keselurahan siswa 46 orang, terdapat 87% peserta didik atau setara dengan 40 peserta didik mendapatkan nilai diatas standar KKM dan 13% peserta didik atau setara dengan 6 orang peserta didik yang nilainya belum mencapai standar KKM. 3) kendala yang dihadapi yaitu keterbatasan dalam memilih media pembelajaran karena sarana dan prasarana sekolah yang belum memadai, peserta didiknya juga banyak yang kurang aktif saat proses pembelajaran, serta pekarangan sekolah yang cukup sempit dan sekolah juga berada di permukiman penduduk membuat suara bising dari luar kelas dapat masuk dan mengganggu konsentrasi peserta didik saat kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
CorrectorAfdhal, AfdhalUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN, KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Feb 2023 02:43
Last Modified: 17 Feb 2023 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42311

Actions (login required)

View Item View Item