Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Tipe Industri terhadap Carbon Emission Disclosure” (Studi empiris pada perusahaan Non Industri Jasa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2018- 2020)

Rusdi, Rusdi (2022) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Tipe Industri terhadap Carbon Emission Disclosure” (Studi empiris pada perusahaan Non Industri Jasa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2018- 2020). Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_RUSDI_19043188_6335_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, leverage dan tipe industri terhadap carbon emission disclosure. Untuk mengukur sejauh mana pengungkapan emisi karbon pada perusahaan Non Industri Jasa di Indonesia, peneliti menggunakan cheklist yang dikembangkan berdasarkan lembar permintaan informasi yang diberikan oleh proyek pengungkapan emisi karbon (CDP). Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif kausal dengan jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Non Industri Jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tiga tahun yakni dari tahun 2018-2020. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dan sampel yang diperoleh sebanyak 63 sampel yang memenuhi kriteria. Data yang digunakan adalah laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan, sampel penelitian diperoleh dari website resmi perusahaan dan website resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Teknis analisis data yang diterapkan adalah analisis regresi linier berganda dengan Eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap carbon emission disclosure, leverage tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap carbon emission disclosure dan tipe industri berpengaruh positif dan signifikan terhadap carbon emission disclosure. Secara simultan menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, leverage dan tipe industri berpengaruh positif dan signifikan terhadap carbon emission disclosure

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHelmayunita, NayangUNSPECIFIED
CorrectorSebrina, NurziUNSPECIFIED
CorrectorAfriyenti, MayarUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:30
Last Modified: 16 Feb 2023 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42293

Actions (login required)

View Item View Item