Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Interaksi Guru IPS Ekonomi dan Penggunaan Media terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Padang

Fitri, Sesrina (2022) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Interaksi Guru IPS Ekonomi dan Penggunaan Media terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SESRINA_FITRI_200808089_5525_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sejauhmana (1) pengaruh persepsi siswa tentang interaksi guru IPS ekonomi terhadapap motivasi belajar (2) Pengaruh penggunaan media terhadap motivasi siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 18 Padang. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan teknik proporsional random sampling atau sampel acak. Sampel yang dilih adalah kelas Kelas VII1, VII2 dan VII3, dengan jumlah siswa 54 orang. Data yang dianalisis adalah data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran angket dengan skala likert. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan induktif yang terdiri dari uji normalitas sebaran data, uji homogenitas, uji multikolinearitas dan, uji F, uji T, regresi linear berganda dengan α 5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan interaksi siswa dengan guru IPS ekonomi terhadap motivasi belajar dengan thitung" 2.020 > ttabel pada sig. 0,000 α = 0,05 (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pengunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa tingkat sig 8.709 (sig 0.000 0.05). Hal ini berarti jika siswa dapat meningkatkan interaksi aktif dengan guru maka hal tersebut dapat menambah motivasi belajarnya dan sebaliknya jika guru dapat menggunakam media dengan baik maka motivasi belajar siswa akan bertambah sehingga proses pembalajaran yang baik dapat tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disaran kepada siswa dan guru untuk lebih aktif berintraksi dalam pembelajaran serta menjaga/memelihara hubungan yang baik dan harmonis. Guru diharapkan untuk lebih baik dan bervariasi lagi dalam penggunaan media sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses belajar mengajar. Dan kepada peneliti selanjutnya dapat menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLuky, AuzarUNSPECIFIED
Thesis advisorZulfahmi, ZulfahmiUNSPECIFIED
CorrectorRino, RinoUNSPECIFIED
CorrectorMarwan, MarwanUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:29
Last Modified: 16 Feb 2023 03:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42291

Actions (login required)

View Item View Item