Kontribusi Daya Ledak Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Kemampuan Smash Atlet Bolavoli SMA Negeri 2 Solok Selatan.

Ningsih, Zelin Afrilia (2022) Kontribusi Daya Ledak Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Kemampuan Smash Atlet Bolavoli SMA Negeri 2 Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_ZELIN_AFRILIA_NINGSIH_17087317_4800_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan smash atlet bolavoli SMA Negeri 2 Solok Selatan terlihat Ketika tim ini mengikuti turnamen bolavoli. Sangat sering atlet tidak benar dalam melakukan smash yang menyebabkan bola tersangkut di net dan kadang bola juga keluar dari sasaran yang mengakibatkan kerugian untuk tim. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Kontribusi Daya Ledak Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Kemampuan Smash Atlet Bolavoli SMA Negeri 2 Solok Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet bolavoli SMA Negeri 2 Solok Selatan dengan sampel yang berjumlah 20 orang perempuan. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Total sampling adalah Teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode korelasi product moment dan dilanjutkan dengan analisis korelasi ganda serta menggunakan rumus koefisien guna mengetahui besarnya kontribusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis pertama terdapat kontribusi daya ledak otot lengan terhadap kemampuan smash sebesar 27%. Hipotesis kedua terdapat kontribusi koordinasi mata tangan terhadap kemampuan smash sebesar 28%. Hipotesis ketiga terdapat kontribusi daya ledak otot lengan dan koordinasi mata tangan terhadap kemampuan smash sebesar 37%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa daya ledak otot lengan dan koordinasi mata tangan berkontribusi yang berarti terhadap kemampuan smash.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKiram, Phil. KiramUNSPECIFIED
CorrectorHermanzoni, HermanzoniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DAYA LEDAK OTOT LENGAN, ATLET BOLAVOLI , KEMAMPUAN SMASH
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:29
Last Modified: 16 Feb 2023 03:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42289

Actions (login required)

View Item View Item